ANALISIS BENTUK DAN STRUKTUR LAGU ANAK KELAS 1 BERJUDUL SAHABAT UNTUK SELAMANYA PADA KURIKULUM 2013 DI SD KEJAMBON 2 KOTA TEGAL

Himawan Susanto , 1401412565 (2017) ANALISIS BENTUK DAN STRUKTUR LAGU ANAK KELAS 1 BERJUDUL SAHABAT UNTUK SELAMANYA PADA KURIKULUM 2013 DI SD KEJAMBON 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1007Kb)

    Abstract

    Setiap lagu anak memiliki bentuk dan sruktur lagu. Pada umumnya lagu anak berbentuk sederhana, namun terdapat lagu anak yang berbentuk tidak sederhana atau rumit. Bentuk dan struktur lagu anak Analisis lagu penting dilakukan, karena berguna bagi kesesuaian perkembangan siswa. Analisis lagu anak dibatasi pada bentuk dan struktur lagu anak di kelas 1 berjudul Sahabat Untuk Selamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara umum bentuk dan struktur lagu Sahabat Untuk Selamanya pada Kurikulum 2013 di SD Kejambon 2 Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif bidang seni musik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Penentuan informan penelitian menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik analisis data disesuaikan dengan jenis data. Data wawancara, observasi, dan dokumentasi dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan data kualitatif Moleong. Teknik pemeriksaan yang digunakan adalah triangulasi, membercheck, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk lagu “Sahabat Untuk Selamanya” adalah bentuk lagu 3 bagian, yaitu A, B, C. Lagu anak yang memiliki 3 bagian termasuk dalam lagu anak yang tidak sederhana atau rumit. Karakteristik lagu tersebut yaitu tangga nada diatonis mayor, tempo moderato, variasi motifnya berupa ulangan harafiah di bagian reff lagu, sekuen naik dan sekuen turun, serta kadens setengah untuk kalimat A, A’, dan C. Kadens sempurna untuk kalimat B, B’, B” dan kadens subdominan untuk kalimat B. Berdasarkan data penelitian guru hendaknya lebih banyak belajar mengenai lagu anak, khususnya bentuk dan struktur lagu. Tujuannya agar guru memiliki kemampuan bermusik lebih luas dan mampu mengevaluasi materi lagu yang akan diajarkan pada kurikulum 2013, serta mampu menentukan dan mengambil langkah berdasarkan pada kaidah ilmu musik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Analisis Lagu Anak, Bentuk Lagu, Struktur Lagu, Lagu Sahabat Untuk Selamanya
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
    L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning

    L Education > Special Education > Music Education
    M Music and Books on Music > ML Literature of music
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 21 May 2018 08:47
    Last Modified: 21 May 2018 08:47

    Actions (login required)

    View Item