PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SDN GUNUNGPATI 01

Saraswati Kusuma Wardani , 1401411284 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SDN GUNUNGPATI 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (841Kb)

    Abstract

    Pembelajaran menulis deskripsi merupakan pembelajaran yang menuntut kemampuan siswa untuk menulis yang menggambarkan suatu objek secara terperinci, yang mengandalkan pancaindera dalam proses pengamatan.Hasil refleksi menunjukkan bahwa anak masih merasa kesulitan dalam membuat karangan deskripsi. Permasalahan tersebut diantaranya guru kurang dalam menjelaskan materi belum menggunakan objek dan variasi benda yang dapat dilihat secara langsung, keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dan berpendapat saat diskusi masih kurang, dan keterampilan menulis siswa masih dibawah KKM (66), hanya 25% (4 dari 16 siswa) yang tuntas hasil belajarnya. Dari permasalahan tersebut maka ditentukan solusi dengan menerapkan model kontekstual berbantuan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui model kontekstual berbantuan media audio visual pada kelas II SDN Gunungpati 01. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan menulis, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II yang berjumlah 16 siswa.Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis, keterampilan guru, dan aktivitas siswa.Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan nontes.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan setiap variable pada setiap siklusnya, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Tingkat pencapaian keterampilan guru di siklus I skor 19 dengan kategori cukup, siklus II skor 27 dengan kategori baik, dan siklus III skor 32 dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian aktivitas siswa di siklus 1 skor 17,43 dengan kategori cukup, siklus II skor 21,68 dengan kategori baik, dan siklus III skor 25,34 dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian keterampilan menulis siswa di siklus I adalah 43,75% dengan kategori cukup, siklus II sebesar 68,75% dengan kategori tinggi, dan siklus III sebesar 93,75% dengan kategori sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kontekstual berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi di kelas II SDN Gunungpati 01. Saran model kontekstual berbantuan media audio visual dapat digunakan sebagai cara untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: audio visual; deskripsi; keterampilan menulis; kontekstual.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
    L Education > L Education (General) > Development of Child
    L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 21 May 2018 09:03
    Last Modified: 21 May 2018 09:03

    Actions (login required)

    View Item