PELAKSANAAN PENGELOLAAN LIMBAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. SOEWONDO KENDAL (KAJIAN IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP)

Prakusso Setiady , 8111410158 (2017) PELAKSANAAN PENGELOLAAN LIMBAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. SOEWONDO KENDAL (KAJIAN IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Undang-undang No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan lingkungan Hidup Terutama dalam pengelolaan Limbah Rumah sakit. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Penerapan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 dalam Perlindungan dan pengelolaan limbah di Rumah Sakit Umum Soewondo Kendal?,2) Bagaimana dampak negatif yang timbul akibat pengelolaan limbah yang tidak efektif di Rumah Sakit Umum Soewondo Kendal?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan spesifikasi penulisan deskriptif kualitatif , tehnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan, dalam pelaksanaan pengelolaan limbah ada beberapa hal yang belum diupayakan/dilakukan secara maksimal oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soewondo, yaitu mengenai pemeliharaan yang berkaitan dengan mesin/listrik UPL. Walaupun panel listrik, pompa limbah, perpipaan, kompresor sudah dilakukan pemeliharaan secara rutin, tetapi masih sering terjadi kerusakan terhadap alat-alat tersebut, 2). minimnya anggaran pada bagian sanitasi untuk membiayai operasional pemeliharaan dan perbaikan instalasi pengelolaan air limbah, dan sarana penunjang lainnya (seperti pompa, perpipaan dan sebagainya). 3). uji kualitas air limbah bertujuan untuk mengetahui dan mematuhi standar baku mutu yang ditetapkan oleh Pemerintah yakni menurut Peraturan Daerah Propinsi Jawa Tengah No. 10 Tahun 2004 tentang Baku Mutu Air Limbah. Disimpulkan 1) bahwa kualitas air limbahRumah Sakit Umum Daerah dr. Soewondo Kendal tahun 2015-2016 berada di ambang batas, sehingga seharusnya pihak Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soewondo Kendal tidak membuang air limbahnya ke lingkungan karena belum dilakukannya uji kualitas apakah limbah tersebut berbahaya atau tidak bila dibuang ke lingkungan. Untuk itu sesuai pasal 12 dan 13 Perda Nomor 10 Tahun 2004 Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soewondo Kendal dapat terkena sanksi administrasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pengelolaan, Limbah Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soewondo Kendal
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 22 Feb 2018 12:19
Last Modified: 22 Feb 2018 12:19

Actions (login required)

View Item