PENGARUH KESUKARAN REGULASI EMOSI TERHADAP DANGEROUS DRIVING BEHAVIOR SOPIR BUS ANTAR-KOTA JURUSAN MAGELANG-SUKOREJO DAN MAGELANG-WONOSOBO YANG MELALUI JALUR TEMANGGUNG

Rina Desika Priatini, 1511413125 (2017) PENGARUH KESUKARAN REGULASI EMOSI TERHADAP DANGEROUS DRIVING BEHAVIOR SOPIR BUS ANTAR-KOTA JURUSAN MAGELANG-SUKOREJO DAN MAGELANG-WONOSOBO YANG MELALUI JALUR TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (647Kb)

    Abstract

    Fenomena perilaku mengemudi yang berbahaya (dangerous driving behavior) tampak pada perilaku sopir bus di Temanggung berdasarkan indikator yang muncul yaitu perilaku mengemudi melebihi batas kecepatan maksimum, melanggar peraturan lalu lintas, dan tidak sesuai standar keselamatan. Salah satu faktor yang memengaruhi perilaku mengemudi yang berbahaya (dangerous driving behavior) adalah emosi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kesukaran regulasi emosi terhadap Dangerous Driving Behavior sopir bus antar-kota jurusan Magelang-Sukorejo dan Magelang-Wonosobo yang melalui jalur Temanggung. Subjek dalam penelitian ini adalah 128 sopir bus antar-kota jurusan Magelang-Sukorejo dan Magelang-Wonosobo yang melalui jalur Temanggung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitiannya adalah penelitian korelasi. Data penelitian diambil dengan Dula Dangerous Driving Index (DDDI) yang mempunyai koefisien reliabilitas 0,959 dan Difficulties Emotion Regulation Scale (DERS) yang mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,963. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan software pengolah data. Hasil analisis data melalui uji F Test diperoleh F hitung sebesar 438,989 dengan taraf signifikansi 0,00 (p < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa kesukaran regulasi emosi berpengaruh terhadap Dangerous Driving Behavior sopir bus antar-kota jurusan Magelang-Sukorejo dan Magelang-Wonosobo yang melalui jalur Temanggung. Dimana ketika kesukaran regulasi emosi tinggi, maka dangerous driving behavior juga tinggi. Hasil perhitungan R Square menunjukkan angka 0,777 yang bermakna bahwa regulasi emosi memberikan sumbangan pengaruh sebesar terhadap 77,7% terhadap dangerous driving behavior sopir bus antar-kota jurusan Magelang- Magelang-Sukorejo dan Magelang-Wonosobo yang melalui jalur Temanggung. Sisanya 23,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terungkap dalam penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: regulasi emosi, dangerous driving behavior
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Transportation
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 19 Feb 2018 13:17
    Last Modified: 19 Feb 2018 13:17

    Actions (login required)

    View Item