FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA BERKARIR SEBAGAI DEWAN PENGAWAS SYARIAH

Febriyanto Eka Prayoga , 7211413178 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA BERKARIR SEBAGAI DEWAN PENGAWAS SYARIAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1350Kb)

    Abstract

    Minat menjadi salah satu alasan yang menjadi pertimbangan bagi mahasiswa dalam proses pemilihan karir di masa depan. Minat seseorang dapat muncul karena disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empiris pengaruh dari penghargaan finansial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, tingkat pengetahuan, personalitas, dan motivasi spiritual terhadap minat Mahasiswa untuk berkarir sebagai Dewan Pengawas Syariah. Penelitian ini menggunakan data primer dengan populasi Mahasiswa Pascasarjana Jurusan Ekonomi Islam di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik accidental sampling sehingga diperoleh 51 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa personalitas memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berkarir sebagai Dewan Pengawas Syariah, sedangkan penghargaan finansial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, tingkat pengetahuan, dan motivasi spiritual tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berkarir sebagai Dewan Pengawas Syariah. Personalitas berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk berkarir sebagai Dewan Pengawas Syariah, maka dari itu perusahaan disarankan perlu untuk memperhatikan faktor tersebut dalam merekrut dan mempertahankan Dewan Pengawas Syariah yang bekerja di perusahaan tersebut. Selanjutnya bagi akademisi disarankan melakukan upaya peningkatan minat mahasiswa untuk berkarir sebagai Dewan Pengawas Syariah agar jumlah Dewan Pengawas Syariah di Indonesia semakin meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minat, Dewan Pengawas Syariah, Penghargaan Finansial, Lingkungan Kerja, Pertimbangan Pasar Kerja, Tingkat Pengetahuan, Personalitas, Motivasi Spiritual
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Populist Economy
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 19 Feb 2018 08:16
    Last Modified: 19 Feb 2018 08:16

    Actions (login required)

    View Item