FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK REKLAME DI KOTA SEMARANG

Yudi Setiawan , 7211413168 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK REKLAME DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1154Kb)

    Abstract

    Kepatuhan perpajakan merupakan keadaan dimana wajib pajak taat dan patuh dalam melaksanakan ketentuan perpajakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak diantaranya, kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan, sosialisasi perpajakan, kepuasan pelayanan, modernisasi sistem, serta benefit langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan, sosialisasi perpajakan, kepuasan pelayanan, modernisasi sistem administrasi perpajakan, dan benefit langsung mempengaruhi kepatuhan wajib pajak reklame dalam membayar pajak reklame di Kota Semarang. Populasi peneletian ini adalah wajib pajak reklame di Kota Semarang dengan teknik pengambilan sample adalah Convenience Sampling dimana sampel diambil karena populasi sangat banyak. Dibagi menjadi dua jenis usaha, perusahaan berbentuk PT atau CV dan UMKM. Kemudian diwakilkan 20 sampel dari PT atau CV, dan 20 lainnya dari sektor UMKM. Hasil uji hipotesis dilihat dari path coefficient serta nilai t-statistics dengan pengujian yang dilakukan dengan alat uji SmartPLS didapatkan hasil kesadaran wajib pajak memilki nilai t-statistics 2.413. Sementara pengetahuan perpajakan memiliki nilai 1.319. Sanksi perpajakan memiliki nilai t-statistics 1.415. Sosialisasi perpajakan memiliki nilai 0.757. Variabel kepuasan pelayanan memiliki nilai 0.919. Modernisasi sistem administrasi nilai t-statisticsnya sebesar 3.223. Benefit langsung memiliki nilai 2.058. Variabel yang memiliki nilai t-statistics di atas 1.96 artinya berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Simpulan penelitian ini ada pengaruh positif dari variabel kesadaran wajib pajak, modernisasi sistem administrasi, dan benefit langsung terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak reklame. Sementara variabel pengetahuan wajib pajak, sanksi perpajakan, sosialisasi perpajakan, dan kepuasan pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak reklame di Kota Semarang. Saran dari penulis adalah mempertahankan serta meningkatan pelayanan perpajakan, mengadakan sosialisasi atau penyuluhan perpajakan secara intensif, serta memberikan sanksi yang tegas terhadap pelanggar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepatuhan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, modernisasi sistem administrasi, benefit langsung, pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan, sosialisasi perpajakan, kepuasan pelayanan
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 19 Feb 2018 08:04
    Last Modified: 19 Feb 2018 08:04

    Actions (login required)

    View Item