PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTAL COST TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE DENGAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Siti Anggraeni , 7211413160 (2017) PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTAL COST TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE DENGAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1160Kb)

    Abstract

    Financial Performance merupakan salah satu faktor penentu keberlangsungan hidup sebuah perusahaan dan menjadi daya tarik utama para investor untuk bahan pertimbangan dalam melakukan investasi. Environmental performance dan environmental cost dipandang sebagai faktor yang dapat memberikan dukungan yang signifikan terhadap financial performance dengan environmental cost sebagai variabel mediasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh environmental performance terhadap financial performance, pengaruh environmental disclosure terhadap financial performance, pengaruh environmental performance terhadap environmental disclosure, pengaruh environmental cost terhadap environmental disclosure, pengaruh environmental performance terhadap financial performance dengan environmental disclosure sebagai variabel intervening, dan pengaruh environmental cost terhadap financial performance sebagai variabel intervening. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mempublikasikan annual report pada tahun 2012-2015 dan perusahaan yang mengikuti program PROPER pada periode tersebut. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode ini, diperoleh sampel sebanyak 39 perusahaan manufaktur. Alat analisis untuk menguji hipotesis penelitian adalah analisis jalur. Hasil menunjukkan bahwa environmental performance memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial performance, environmental performance juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap environmental disclosure, sedangkan environmental disclosure tidak memiliki pengaruh terhadap financial performance, dan environmental cost tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap environmental disclosure. Environmental disclosure sebagai variabel intervening tidak memberikan dukungan positif antara environmental performance terhadap financial performance, namun environmental disclosure memberikan dukungan positif untuk pengaruh secara tidak langsung antara environmental cost terhadap financial performance. Saran yang diharapkan adanya sanksi yang tegas dari pemerintah agar perusahaan lebih memperhatikan keadaan lingkungan dan masyarakat sekitar, untuk mempertahankan dan meningkatkan citra yang baik diharapkan perusahaan konsisten mengikuti program PROPER, dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambah variabel lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Stakeholder, ROI, PROPER, Environmental Cost, Environmental Disclosure
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 19 Feb 2018 07:54
    Last Modified: 19 Feb 2018 07:54

    Actions (login required)

    View Item