PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Tejo Suryanto, 7211413153 (2017) PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1341Kb)

    Abstract

    Financial distress adalah suatu situasi dimana arus kas operasi perusahaan tidak memadahi untuk melunasi kewajiban-kewajiban lancar (seperti hutang dagang atau beban bunga) dan perusahaan terpaksa melakukan tindakan perbaikan. Sehingga perusahaan harus mengetahu faktor yang mempengaruhi financial distress. Banyak faktor-faktor yang memberikan indikasi perusahaan akan mengalami financial distress. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor yang mempengaruhi financial distress dengan indikator leverage, likuidasi dan kepemilikan manajerial serta profitabilitas sebagai moderasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 17 perusahaan dari total populasi sebanyak 41 perusahaan dengan tahun pengamatan adalah tiga tahun, sehingga diperoleh sebanyak 51 unit analisis yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi logistik untuk analisis statistik inferensialnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio leverage yang dihitung dengan DAR berpengaruh positif terhadap financial distress. Likuiditas yang dihitung dengan current rasio dan kepemilikan manajerial yang dihitung dengan saham yang dimiliki manajemen/saham yang beredar tidak berpengaruh terhadap financial distress. Selain itu profitabilitas sebagai variabel moderating terbukti memoderasi pengaruh leverage dan kepemilikan manajerial terhadap financial distress. Tetapi variabel profitabilitas terbukti mampu memoderasi secara signifikan pengaruh likuiditas terhadap financial distress. Simpulan penelitian ini adalah perusahaan yang mengalami financial distress dapat dipengaruhi oleh leverage tetapi tidak terbukti dapat dipengaruhi oleh likuiditas dan kepemilikan manajerial. Selain itu, profitabilitas dapat meoderasi hubungan likuiditas terhadap financial distress tetapi tidak dapat memoderasi leverage dan kepemilikan manajerial terhadap financial distress yang diajukan. Penelitian ini memperoleh nilai Nagelkerke R Square sebesar 0,720, yang berarti bahwa variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 72,0% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian. Oleh karena itu penelitian selanjutnya diharapkan agar menambah variabel lain atau menggunakan variabel moderasi lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Leverage, Likuiditas, Kepemilikan Manajerial, Financial Distress, dan Profitabilitas
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 15 Feb 2018 13:55
    Last Modified: 15 Feb 2018 13:55

    Actions (login required)

    View Item