ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN KUALITAS KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015 )

Desi Alivia, 7211413140 (2017) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN KUALITAS KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015 ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2833Kb)

    Abstract

    Modal intelektual merupakan kekayaan tidak berwujud perusahaan yang mampu meningkatkan nilai perusahaan. Modal intelektual melekat dalam keterampilan, pengetahuan dan pengalaman yang merupakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Namun, dewasa ini pengungkapan modal intelektual masih sangat rendah. Penyebabnya antara lain adalah sifat pengungkapan yang masih sukarela, sulitnya mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan modal intelektual, serta belum adanya standar atau peraturan terutama untuk perusahaan yang sudah go public. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel struktur kepemilikan seperti kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan pemerintah, kpemilikan asing dan variabel pemoderasi yaitu kualitas komite audit. Populasi penelitian ini adalah perusahaan Keuangan yang listing di BEI tahun 2013 sampai 2015. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 165 unit analisis yang menjadi objek pengamatan.Teknik analisis menggunakan content analysis pada laporan keuangan dengan alat analisis yaitu analisis regresi berganda SPSS 21 dengan pemenuhan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap pengungkapan modal intelektual. Kepemilikan pemerintah dan kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual, Sedangkan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual. Pengujian variabel pemoderasi menunjukkan bahwa kualitas komite audit berpengaruh signifikan dalam memoderasi pengaruh kepemilikan institusional terhadap pengungkapan modal intelektual. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu menggunakan teknik lain seperti kuesioner yang langsung diberikan kepada perusahaan dalam mencari tingkat pengungkapan modal intelektual pada perusahaan dan meningkatkan peran komite audit agar berkualitas untuk memaksimalkan praktik pengungkapan informasi pada perusahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Modal Intelektual, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Pemerintah, Kepemilikan Asing, Kualitas Komite Audit
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 15 Feb 2018 08:20
    Last Modified: 15 Feb 2018 08:20

    Actions (login required)

    View Item