PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Jawa Tengah dan DIY)

Satria Panji Kusuma, 7211413138 (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Jawa Tengah dan DIY). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1367Kb)

    Abstract

    Kualitas audit merupakan suatu penilaian tentang proses dalam melakukan tugas audit yang dilakukan oleh seorang auditor sehingga menghasilkan suatu laporan audit yang dinilai berdasarkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas audit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran independensi dalam memoderasi pengaruh kecerdasan emosional dan pengalaman auditor terhadap kualitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada KAP Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdaftar di OJK, terdiri dari 348 auditor. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 80 auditor. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda, dan uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit. Pengalaman auditor secara berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit. Independensi mampu memoderasi pengaruh kecerdasan emosional dan pengalaman auditor terhadap kualitas audit. Simpulan penelitian ini yaitu kecerdasan emosional dan pengalaman auditor berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit dan independensi terbukti mampu memoderasi pengaruh kecerdasan emosional dan pengalaman auditor terhadap kualitas audit. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah KAP memberikan porsi penugasan audit yang lebih banyak serta jenis perusahaan kepada auditor junior. Dengan demikian auditor junior diharapkan dapat memperoleh pengalaman dan pendidikan yang baik dalam pengetahuan, keterampilan dan kemampuan, sehingga dapat melaksanakan audit dengan baik dan memberikan hasil audit yang berkualitas. Untuk peneliti selanjutnya disarankan agar melalukan penelitian diluar rentang audit lapangan, sehingga kuesioner yang diperoleh dapat maksimal

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Independensi, Kualitas Audit, Kecerdasan Emosional, Pengalaman Auditor
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 15 Feb 2018 08:15
    Last Modified: 15 Feb 2018 08:15

    Actions (login required)

    View Item