PENGARUH METODE RGEC (RISK PROFILE,GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CAPITAL), MANAJEMEN DAN JATI DIRI KOPERASI TERHADAP TINGKAT KESEHATAN BAITUL MAAL TAMWIL ( Studi pada BMT yang tergabung dalam Perhimpunan BMT Indonesia di Kota Semarang)

Vivi Ely Candra , 7211413126 (2017) PENGARUH METODE RGEC (RISK PROFILE,GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CAPITAL), MANAJEMEN DAN JATI DIRI KOPERASI TERHADAP TINGKAT KESEHATAN BAITUL MAAL TAMWIL ( Studi pada BMT yang tergabung dalam Perhimpunan BMT Indonesia di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1084Kb)

    Abstract

    Seiring dengan semakin menjamurnya kemunculan BMT, muncul juga permasalahan yang sering terjadi di dalamnya yakni masalah permodalan, manajerial serta kualitas SDM yang menjadikan BMT berjalan kurang inovatif, efektif, serta efisien. Perlunya penilaian tingkat kesehatan BMT ini adalah upaya untuk mempertahankan loyalitas para anggota BMT dan masyarakat. Tingkat kesehatan dapat dijadikan sebagai gambaran mengenai kondisi aktual dan gambaran kinerja serta kualitas BMT tersebut. Penelitian ini berdasarkan pada teori Sinyal, Goal Setting Theory, teori stewardship dan agency theory. Populasi penelitian adalah Perhimpunan BMT Indonesia di Kota Semarang, sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner kepada 41 pengurus serta pengelola BMT yang tergabung dalam PBMTI di Kota Semarang. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner.. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) Path Modelling dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel risk profile dan jatidiri koperasi tidak berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat kesehatan BMT di PBMTI Kota Semarang. Variabel good corporate governance, earnings, capital, dan manjemen berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat kesehatan BMT pada PBMTI Kota Semarang. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah untuk memperluas sampel penelitian dan menggunkan metode pengambilan sampel yang berbeda dan memperluas penggunaan variabel independen yang diduga menjadi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kesehatan BMT serta disarankan untuk menggunakan instrumen lain seperti wawancara supaya mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terhindar dari timbulnya perbedaan maksud dan tujuan pernyataan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Tingkat Kesehatan, RGEC, Manajemen, Jatidiri Koperasi
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 14 Feb 2018 14:12
    Last Modified: 14 Feb 2018 14:12

    Actions (login required)

    View Item