PENGARUH KEPATUHAN SYARIAH, INVESTMENT ACCOUNT HOLDER, UKURAN PERUSAHAAN, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Kasus pada Lembaga Perbankan Syariah di Indonesia)

Khumaerotun Nissa , 7211413123 (2017) PENGARUH KEPATUHAN SYARIAH, INVESTMENT ACCOUNT HOLDER, UKURAN PERUSAHAAN, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Kasus pada Lembaga Perbankan Syariah di Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1176Kb)

    Abstract

    Islamic Social Reporting adalah pelaporan tanggungjawab sosial perusahaan sesuai dengan prinsip syariah. Pengungkapan tanggung jawab sosial pada perbankan syariah masih belum maksimal karena belum adanya standar baku yang dibuat pemerintah khusus untuk perbankan syariah terkait pengungkapan tanggungjawab sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepatuhan syariah, investment account holder, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perbankan syariah dengan menambahkan variabel jenis lembaga sebagai variabel moderating. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang ada di Indonesia tahun 2011 hingga 2015. Motode pengambilan sampel yang di gunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 8 BUS serta 2 UUS dengan 50 unit analisis yang menjadi objek pengamatan. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepatuhan syariah, ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Sedangkan investment account holder tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Jenis lembaga memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Saran dalam penelitian ini adalah agar pemerintah membuat standar khusus untuk pengungkapan Islamic Social Reporting pada perbankan syariah. bagi peneliti selanjutnya disarankan menambah variabel independen dan memilih variabel moderating yang secara teoritis berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Islamic Social Reporting, Kepatuhan Syariah, Investment Account Holder, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Jenis Lembaga.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 14 Feb 2018 14:07
    Last Modified: 14 Feb 2018 14:07

    Actions (login required)

    View Item