ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN MASJID (Studi pada Masjid di Kota Semarang)

Yayuk Nur Laeli , 7211413119 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN MASJID (Studi pada Masjid di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2117Kb)

    Abstract

    Laporan keuangan yang disajikan suatu organisasi sangat penting bagi pihak - pihak yang berkepentingan. Karakteristik kualitatif merupakan ciri khas yang membuat informasi dalam laporan keuangan berguna bagi pemakai. Empat karakteristik tersebut adalah dapat dipahami, relevan, andal, dan dapat dibandingkan. Penelitian ini berdasarkan pada teori Al-wala’ dan teori kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kualitas laporan keuangan yang dihasilkan oleh masjid yang direpresentasikan dengan praktik manajemen keuangan, sistem pengendalian intern, kegiatan pengumpulan dana, kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, penerapan PSAK 45, dan penerapan PSAK 109. Populasi penelitian adalah seluruh masjid yang ada di Kota Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitin ini adalah sebanyak 48 masjid dengan unit analisis 96 responden.Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proporsional random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial LeastSquare (PLS) Path Modelling dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik manajemen keuangan, sistem pengendalian intern, kegiatan pengumpulan dana, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Variabel kompetensi sumber daya manusia, penerapan PSAK 45, dan penerapan PSAK 109 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Saran bagi masjid diharapkan dapat menerapkan PSAK 45 atau PSAK 109 sehingga kualitas laporan keuangan yang dihasilkan lebih berkualitas. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah sampel penelitian atau menggunakan sampel masjid yang lebih besar lagi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Manajemen Keuangan, Sistem Pengendalian Internal, Kegiatan Pengumpulan Dana, Kompertensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Penerapan PSAK 45, Penerapan PSAK 109, Kualitas Laporan Keuangan.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 14 Feb 2018 14:01
    Last Modified: 14 Feb 2018 14:01

    Actions (login required)

    View Item