PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KUALITAS LABA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Anna Fatima , 7211413115 (2017) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KUALITAS LABA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1470Kb)

    Abstract

    Nilai perusahaan merupakan nilai jual perusahaan atau nilai tumbuh bagi pemegang saham, nilai perusahaan tercermin dari harga sahamnya. Tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Meningkatkan nilai perusahaan dapat meningkatkan pula peluang investasi oleh investor dengan begitu perusahaan dapat mendapatkan tambahan sumber dana. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji mengenai peran kualitas laba dalam memoderasi pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 81 perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013-2015. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 33 perusahaan. Pengujian penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis regresi moderasi menggunakan uji multiple regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secar parsial leverage berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh secara signfikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu, variabel kualitas laba dapat digunakan untuk memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan. Tetapi, kualitas laba belum mampu memoderasi pengaruh profitabilitas dan pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan. Saran yang diajukan bagi manajemen adalah sebaiknya bagi perusahaan yang memiliki leverage yang tinggi agar tetap dapat menyeimbangkan dengan kemampuannya dalam membayar utang perusahaan supaya tidak terjadi financial distress atau kebangkrutan. Saran untuk investor yaitu investor dapat mengkaji variabel leverage, profitabilitas dan likuiditasnya terlebih dahulu sebelum menanamkan modal. Profitabilitas dapat menjadi pertimbangan investor untuk menilai total assetnya, likuiditas dapat memberikan analisa investor mengenai tingkat kredit yang diberikan perusahaan dan leverage dapat memberikan analisa mengenai tingkat hutangnya. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel moderating lain selain kualitas laba seperti resiko bisnis, analisis pengembalian modal, dan kebijakan deviden. Hal ini sesuai dengan teori keagenan dan teori sinyal, dimana kinerja manajemen dan motivasi kerja dapat berpengaruh terhadap kinerja peruahaan sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kualitas Laba
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 14 Feb 2018 08:08
    Last Modified: 14 Feb 2018 08:08

    Actions (login required)

    View Item