FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE (ICD)PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Rizkita , 7211413108 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE (ICD)PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1480Kb)

    Abstract

    Pengungkapan modal intelektual tidak hanya penting untuk manajemen namun pengungkapannya yang bersifat sukarela juga penting untuk dapat dilaporkan kepada stakeholder untuk mengurangi asimetri informasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, umur perusahaan, kompleksitas bisnis, komisaris independen, dan kepemilikan asing terhadap Intellectual Capital Disclosure (ICD). Populasi penelitian ini merupakan perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan didapat 39 sampel. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, leverage, serta kepemilikan asing berpengaruh secara signifikan positif terhadap Intellectual Capital Disclosure (ICD). Namun, profitabilitas, umur perusahaan, kompleksitas bisnis, dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap Intellectual Capital Disclosure (ICD). Simpulan penelitian ini yaitu ukuran perusahaan, leverage, dan kepemilikan asing berpengaruh secara signifikan positif terhadap Intellectual Capital Disclosure (ICD). Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambahkan intensitas R&D sebagai variabel independen, atau menggunakan profitabilitas sebagai variabel moderating, dan tidak hanya menggunakan annual report sebagai data yang digunakan dalam penelitian, namun peneliti dapat menggunakan informasi yang ada di website resmi perusahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Intellectual Capital Disclosure (ICD), ukuran perusahaan, leverage, kompleksitas bisnis, kepemilikan asing
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 14 Feb 2018 08:04
    Last Modified: 14 Feb 2018 08:04

    Actions (login required)

    View Item