PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, FREE CASH FLOW, STRUKTUR ASET, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN RISIKO BISNIS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Secara Konsisten di BEI )

Ganda Yani Sinaga , 7211413103 (2017) PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, FREE CASH FLOW, STRUKTUR ASET, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN RISIKO BISNIS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Secara Konsisten di BEI ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1029Kb)

    Abstract

    Hutang merupakan salah satu sumber pendanaan eksternal yang paling efisien agar perusahaan tepat sasaran dalam mendanai kegiatan operasionalnya. Selama tahun penelitian perusahaan manufaktur mengalami fluktuasi pada tingkat kebijakan hutang dan beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya pertumbuhan perusahaan, free cash flow, struktur aset, likuiditas, profitabilitas dan resiko bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel pertumbuhan perusahaan, free cash flow, struktur aset, likuiditas, profitabilitas, dan resiko bisnis terhadap kebijakan hutang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive samplling yang menghasilkan sampel sebanyak 45 perusahaan Sehingga unit analisis penelitian sebanyak 45 perusahaan dikalikan 3 tahun penelitian yakni 135 unit analisis. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa annual report. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan dan risiko bisnis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan hutang. Struktur aset, likuiditas, dan profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan hutang. Sedangkan, free cash flow tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan, free cash flow, struktur aset, likuiditas, profitabilitas, dan risiko bisnis memiliki pengaruh terhadap kebijkan hutang. Saran yang diajukan yaitu peneliti selanjutnya adalah mencoba pengukuran lain terkait kebijakan hutang, menggunakan variabel lain seperti ukuran perusahaan untuk meningkatkan nilai koefisien determinasi, menggunakan sampel yang berbeda yakni perusahaan sektor lainnya dan juga menambah variabel moderating.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pertumbuhan Perusahaan, Free Cash Flow, struktur aset, likuiditas, profitabilitas, resiko bisnis dan Kebijakan Hutang
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 14 Feb 2018 07:59
    Last Modified: 14 Feb 2018 07:59

    Actions (login required)

    View Item