FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI SAK ETAP PADA UMKM KOTA SEMARANG (Studi Empiris Pada UMKM Pengrajin Batik di Kota Semarang)

Nurul Aini , 7211413087 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI SAK ETAP PADA UMKM KOTA SEMARANG (Studi Empiris Pada UMKM Pengrajin Batik di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (884Kb)

    Abstract

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pengrajin batik merupakan salah satu UMKM yang unggul di Kota Semarang. Hasil dari studi pendahuluan telah ditemukannya berbagai masalah yang dihadapi oleh para pelaku UMKM pengrajin batik khususnya dalam hal pembukuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman teknologi informasi, pengetahuan akuntansi, budaya organisasi, karakteristik kualitatif laporan keuangan, serta pemberian informasi dan sosialisasi terhadap implementasi SAK ETAP pada UMKM pengrajin batik. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM pengrajin sekaligus penjual batik di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh sehingga semua populasi dalam penelitian ini juga dijadikan sampel penelitian. Hasil dari teknik pengambilan sampel jenuh telah diperoleh sampel sebanyak 46 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS 21. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa rata-rata implementasi SAK ETAP pada UMKM pengrajin batik dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemahaman teknologi informasi berpengaruh negatif terhadap implementasi SAK ETAP. Variabel pengetahuan akuntansi, karakteristik kualitatif laporan keuangan, serta pemberian informasi dan sosialisasi berpengaruh positif terhadap implementasi SAK ETAP sedangkan variabel budaya organisasi tidak berpengaruh positif terhadap implementasi SAK ETAP. Saran yang diberikan oleh para pelaku UMKM agar memiliki komputer yang telah terpasang software akuntansi, adanya pemisahan tugas, membuat aturan yang tertulis mengenai pembukuan, dan merekrut tenaga kerja yang ahli dalam bidang akuntansi. Bagi pihak Dinas Koperasi dan UMKM juga diharapkan dapat memberikan pelatihan yang berkelanjutan dengan cara memberikan modul praktik akuntansi bagi para pelaku UMKM.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemahaman, pengetahuan, SAK ETAP, UMKM
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > Home Industri
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 14 Feb 2018 07:44
    Last Modified: 14 Feb 2018 07:44

    Actions (login required)

    View Item