HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Yuliani Safareka , 1301413031 (2017) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (352Kb)

    Abstract

    Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di kelas VII SMP Negeri11Semarang, berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada siswa kelas VII menunjukan bahwa siswa memilki penyesuaian diri rendah. Selain itu siswa siswa gugup ketika ditunjuk Bapak/Ibu guru ke depan kelas, siswa tidak menyapa guru ketika di luar jam pelajaran, mudah bosan saat jam pelajaran, kurang setuju dan tidak setuju dengan peraturan tata tertib sekolah, berperilaku negatif, dan kurang percaya diri saat diskusi kelompok di dalam kelas. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah (1) bagaimanan tingkat penyesuaian diri, konsep diri dan dukungan sosial pada siswa kelas VII SMPN 11 Semarang, (2) adakah hubungan antara konsep diri dan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMPN 11 Semarang, (3) adakah hubungan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMPN 11 Semarang, (3) adakah hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMPN 11 Semarang Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsep diri, dukungan sosial dan variabel terikatnya adalah penyesuaian diri. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 286 siswa kelas VII. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling sehingga diperoleh jumlah sampel 158 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan angket tertutup. Validitas diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) konsep diri siswa termasuk dalam ketgori tinggi, dukungan sosial termasuk dalam ketgori tinggi, dan penyesuaian diri siswa termasuk dalam kategori tinggi, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri (rxy = 0,648; p<0,05), (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri (rxy = 0,350; p<0,05), (4) terdapat hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri (R = 0,658 > 0,159; p<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri. Jika konsep diri dan dukungan sosial semakin meningkat, maka penyesuaian diri siswa semakin tinggi. Sedangkan jika konsep diri dan dukungan sosial semakin rendah, maka penyesuaian diri siswa semakin rendah. Oleh karena itu, disarankan untuk guru bimbingan dan konseling untuk memberikan treatment sesuai kebutuhan siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: konsep diri, dukungan sosial, penyesuaian diri
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 08 Feb 2018 10:34
    Last Modified: 08 Feb 2018 10:34

    Actions (login required)

    View Item