PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN MELALUI STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN CORPORATE GOVERNANCE

Wahyu Anissaadha , 7211413076 (2017) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN MELALUI STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN CORPORATE GOVERNANCE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1168Kb)

    Abstract

    Kebijakan dividen merupakan keputusan keuangan perusahaan dimana manajer memutuskan apakah akan membagikan laba perusahaan. Namun, beberapa perusahaan tidak membagikan dividen karena akan digunakan sebagai sumber dana internal untuk operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan kinerja keuangan terhadap kebijakan dividen dengan struktur kepemilikan dan good corporate governance sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2015. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 208 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur menggunakan AMOS. Variabel struktur kepemilikan dan good corporate governance diuji dengan Uji Sobel sebagai variabel intervening menggunakan analisis online pada quantpsy.org. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas secara positif signifikan berpengaruh terhadap kebijakan dividen, sedangkan kepemilikan institusional dan ukuran dewan tidak mempengaruhi kebijakan dividen secara signifikan. Leverage berpengaruh secara negatif signifikan terhadap profitabilitas dan berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepemilikan institusional. Profitabilitas juga berpengaruh secara positif signifikan terhadap ukuran dewan. Berdasarkan pengaruh tidak langsung, menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen melalui profitabilitas. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan variabel intervening yang berbeda untuk variasi hasil penelitian. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat meneliti menggunakan sektor perusahaan lainnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Saran untuk investor adalah memperhatikan perkembangan tingkat profitabilitas perusahaan karena hal tersebut akan diikuti dengan peningkatan jumlah dividen yang dibagikan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kebijakan dividen, kepemilikan institusional, leverage, profitabilitas
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 08 Feb 2018 06:52
    Last Modified: 08 Feb 2018 06:52

    Actions (login required)

    View Item