PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN RISIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PERTUMBUHAN PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Siti Solikhatun , 7211413073 (2017) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN RISIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PERTUMBUHAN PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (649Kb)

    Abstract

    Perusahaan dalam melangsungkan usahanya tidak lepas dari adanya pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pendanaan. Modal perusahaan berasal dari dalam dan luar. Pengambilan keputusan berkaitan dengan modal harus dipertimbangkan untuk menjaga kestabilan keuangan perusahaan. Struktur modal dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, risiko bisnis terhadap struktur modal dengan pertumbuhan penjualan sebagai variabel moderating. Objek penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2011-2015. Populasi berjumlah 40 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan mendapatkan sampel penelitian sebanyak 33 perusahaan. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian pengaruh variabel moderating menggunakan uji Moderated Regression Analysis dengan uji nilai selisih mutlak. Penelitian memperoleh hasil bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Risiko bisnis tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Pertumbuhan penjualan tidak memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Pertumbuhan penjualan tidak memoderasi pengaruh risiko bisnis terhadap struktur modal. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dari keempat hipotesis yang diuji, hanya satu hipotesis yang diterima sedangkan tiga hipotesis lainnya ditolak. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan sampel yang berbeda seperti perusahaan sektor keuangan untuk memperoleh kesimpulan yang berbeda.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis, Pertumbuhan Penjualan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 08 Feb 2018 06:46
    Last Modified: 08 Feb 2018 06:46

    Actions (login required)

    View Item