PENGARUH KUALITAS SDM DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH KOTA SEMARANG DENGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Ratna Indah Sulistyowati , 7211413067 (2017) PENGARUH KUALITAS SDM DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH KOTA SEMARANG DENGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1247Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empiris mengenai pengaruh kualitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah Kota Semarang dengan sistem pengendalian intern sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah aparatur sipil negara bagian keuangan yang bekerja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh (sensus). Sumber data adalah data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Model (SEM) menggunakan AMOS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Kualitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap sistem pengendalian intern dan terdapat pengaruh positif antara kualitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa sistem pengendalian intern dapat memediasi hubungan kualitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Simpulan dari penelitian ini adalah kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern berperan penting terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Saran dari penelitian ini untuk pemerintah daerah Kota Semarang adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan melakukan pendidikan atau pelatihan tentang pengelolaan keuangan, melakukan perbaikan sistem akuntansi, serta meningkatkan sistem pengendalian intern.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kualitas laporan keuangan, kualitas laporan keuangan pemerintah daerah
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 08 Feb 2018 06:31
    Last Modified: 08 Feb 2018 06:31

    Actions (login required)

    View Item