ANALISIS ANTESEDEN KUALITAS LAPORAN AUDIT PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) DI KABUPATEN TEGAL

Ninda Putri Anandita , 7211413063 (2017) ANALISIS ANTESEDEN KUALITAS LAPORAN AUDIT PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) DI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1292Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, good and clean governance, akuntabilitas publik, dan pengendalian internal yang dipersepsikan oleh pegawai negeri sipil Kabupaten Tegal, dan kualitas laporan audit sebagai variabel anteseden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Tegal baik dinas, badan, sekretariat, inspektorat, maupun kecamatan yang telah memenuhi kriteria sebagai purposive sampling yaitu sebagai Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) di lingkungan kerja masig-masing OPD. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu maka rumusan masalah yang dibangun oleh peneliti adalah sebagai berikut: (1) Apakah Teknologi Informasi berpengaruh positif terhadap Good and Clean Govenance? (2) Apakah Teknologi Informasi berpengaruh positif terhadap Akuntabilitas Publik? (3) Apakah Good and Clean Governance berpengaruh positif terhadap Akuntabilitas Publik? (4) Apakah Akuntabilitas Publik berpengaruh positif terhadap Pengendalian Intenal? (5) Apakah Good and Clean Govenance berpengaruh positif terhadap Pengendalian Internal? (6) Apakah Teknologi Informasi berpengaruh positif terhadap Pengendalian Internal? (7) Apakah Pengendalian Internal berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Audit? (8) Apakah Akuntabilitas Publik berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Audit? (9) Apakah Good and Clean Governance berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Audit? Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang dibangun adalah dengan menggunakan metode analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program IBM SPSS Amos versi 19. Hasil analisis menunjukan bahwa tujuh dari sembilan hipotesis ternyata didukung, diantaranya H1, H3, H5, H6, H7, H8, dan H9. Sedangkan H2 dan H4 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang penulis dapat berikan adalah dalam meningkatkan kualitas laporan audit, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tegal harus dapat meningkatkan teknologi informasi, good and clean governance, akuntabilitas publik, dan pengendalian internal. Namun, peningkatan akuntabilitas publik tidak dipengaruhi oleh peningkatan teknologi informasi dan peningkatan pengendalian internal tidak dipengaruhi oleh peningkatan akuntabilitas publik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kualitas Laporan Audit, Pengendalian Internal, Akuntabilitas Publik, Good and Clean Governance, Teknologi Informasi
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 14:16
    Last Modified: 07 Feb 2018 14:16

    Actions (login required)

    View Item