KELENGKAPAN PELAPORAN KEUANGAN MASJID BERBASIS PSAK NO. 45 (Studi Kasus di Kota Semarang)

Uki Indri Puspita , NIM 7211413058 (2017) KELENGKAPAN PELAPORAN KEUANGAN MASJID BERBASIS PSAK NO. 45 (Studi Kasus di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1251Kb)

    Abstract

    Banyaknya tuntutan masyarakat terhadap akuntabilitas dan transparasi dana masjid mengharuskan pengurus masjid untuk mengungkapkan terkait pelaporan keuangan masjid. Masjid merupakan organisasi nirlaba yang diatur dalam PSAK No.45, yang di dalamnya terdapat beberapa macam laporan yang harus dibuat oleh organisasi nirlaba. Terwujudnya kelengkapan pelaporan keuangan masjid dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti literasi akuntansi, tingkat pendidikan, pelatihan pengurus masjid, dan ukuran masjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi akuntansi, tingkat pendidikan dan pelatihan pengurus masjid terhadap kelengkapan pelaporan keuangan masjid dengan ukuran masjid sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah pengurus masjid di Kota Semarang yang mempunyai tugas sebagai ketua takmir, wakil ketua takmir, bendahara,dan sekretaris. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh menggunakan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi akuntansi, tingkat pendidikan, pelatihan pengurus masjid, dan ukuran masjid berpengaruh terhadap kelengkapan pelaporan keuangan masjid. Sedangkan apabila variabel independen menggunakan ukuran masjid yang dijadikan sebagai variabel moderating, maka hasil menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh terhadap kelengkapan pelaporan keuangan masjid. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi penelitian selanjutnya dalam penggunaan instrumen tidak hanya berupa kuesioner, juga bisa dilakukan wawancara secara langsung dengan narasumbernya. Diharapkan penelitian selanjutnya memperluas populasi yang diteliti, agar dapat memperkuat hasil temuan terhadap variabel endogen, sehingga diharapkan hasil dari penelitian selanjutnya dapat lebih baik dari penelitian sebelumnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kelengkapan Pelaporan Keuangan Masjid, Literasi Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Pelatihan Pengurus Masjid, Ukuran Masjid
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 14:13
    Last Modified: 07 Feb 2018 14:13

    Actions (login required)

    View Item