ANALISIS KINERJA KEUANGAN DALAM MEMODERASI DETERMINAN KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN

Siti Nur Endah , 7211413056 (2017) ANALISIS KINERJA KEUANGAN DALAM MEMODERASI DETERMINAN KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (989Kb)

    Abstract

    Kebijakan hutang merupakan kebijakan yang ditetapkan oleh manajemen untuk memilih sumber dana dari pihak eksternal. Trade-off theory menyatakan bahwa penggunaan hutang hingga titik optimal diharapkan akan meningkatkan nilai perusahaan, namun terdapat fenomena yang menunjukkan beberapa perusahaan tidak dapat mengelola kebijakan hutang dengan baik sehingga berdampak pada kebangkrutan. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji mengenai peran kinerja keuangan dalam memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial, kebijakan dividen, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hutang. Populasi dalam penelitian ini adalah 138 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun tahun 2013-2015. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 122 perusahaan. Pengujian penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis regresi moderasi menggunakan uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan hutang, kebijakan dividen berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan hutang, sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kebijakan hutang. Selain itu, variabel kinerja keuangan dapat digunakan untuk memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hutang. Namun, kinerja keuangan tidak dapat digunakan untuk memoderasi pengaruh kebijakan deviden dan pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan hutang. Saran yang diajukan bagi manajemen adalah menggunakan hutang dengan proporsi optimal dan meningkatkan rasio profitabilitasnya, sedangkan bagi calon investor untuk menanamkan dananya pada perusahaan dengan ukuran besar dan mengalami pertumbuhan tinggi. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menggunakan variabel moderating lain berupa risiko bisnis untuk memoderasi pengaruh kebijakan dividen dan pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan hutang, menggunakan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol, dan menggunakan sampel dari perusahaan properti dan real estate.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 14:10
    Last Modified: 07 Feb 2018 14:10

    Actions (login required)

    View Item