PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KONSERVATISME AKUNTANSI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016)

ANGGRAENI ULISTIANINGSIH , NIM 7211413052 (2017) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KONSERVATISME AKUNTANSI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1015Kb)

    Abstract

    Tujuan dari pelaporan keuangan salah satunya yaitu untuk memberikan informasi keuangan yang menunjukan prestasi perusahaan dalam menghasilkan laba. Laba dianggap sebagai gambaran kondisi perusahaan yang sedang terjadi pada suatu periode serta dijadikan sebagai alat pengambilan keputusan, sehingga terkadang manajer memilih kebijakan akuntansi dan memanipulasi laba yang dikenal manajemen laba. Untuk mengurangi tindakan manajemen laba diperlukan suatu mekanisme yang mampu mengatur hubungan antara pemegang saham dan pengelola yaitu good corporate governance. Seringkali manajemen laba dipengaruhi oleh kebijakan dalam pemilihan metode akuntansi, untuk itu diperlukan prinsip yang mampu menekan tindakan berlebihan dalam pelaporan keuangan yaitu konservatisme akuntansi. Sehingga diharapkan baik perusahaan berukuran besar maupun kecil menghindari tindakan manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance, konservatisme akuntansi dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2016. Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling dan dipeoleh sebanyak 49 perusahaan, sehingga didapatkan sebanyak 98 unit analisis. Alat analisis untuk menguji hipotesis menggunakan E-views 9, metode analisis data penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan model regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa good corporate governance yang diukur menggunakan indeks skoring tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Konservatisme akuntansi berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, sementara itu ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Perusahaan harus lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelaporan keuangan yang akuntabel dan transparan, karena meskipun perusahaan telah menerapkan good corporate governance dengan baik namun masih terindikasi melakukan manajemen laba. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengebangkan indeks good corporate governance serta menambah variabel faktor keuangan seperti financial distress.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Good Corporate Governance, Konservatisme Akuntasi, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 14:06
    Last Modified: 07 Feb 2018 14:06

    Actions (login required)

    View Item