PENGARUH KOMPETISI POLITIK, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, DAN LEVERAGE TERHADAP KETERSEDIAAN DAN KETERAKSESAN INFORMASI KEUANGAN DAERAH PADA WEBSITE RESMI PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA

Fika Fikrotul Hanifah , 7211413039 (2017) PENGARUH KOMPETISI POLITIK, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, DAN LEVERAGE TERHADAP KETERSEDIAAN DAN KETERAKSESAN INFORMASI KEUANGAN DAERAH PADA WEBSITE RESMI PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1218Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetisi politik, indeks pembangunan manusia, dan leverage terhadap ketersediaan dan keteraksesan informasi keuangan daerah pada website resmi pemerintah daerah. Pengukuran ketersediaan informasi keuangan daerah menggunakan jumlah komponen LKPD dan APBD tahun anggaran 2015, sedangkan keteraksesan informasi keuangan daerah diukur menggunakan indeks keteraksesan informasi keuangan daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemerintah daerah di Indonesia yaitu pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan pemerintah kota yang berjumlah 542 pemerintah daerah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 51 pemerintah daerah. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada model penelitian I indeks pembangunan manusia dan leverage berpengaruh terhadap ketersediaan informasi keuangan daerah, sedangkan kompetisi politik tidak berpengaruh terhadap ketersediaan informasi keuangan daerah. Hasil model penelitian II adalah indeks pembangunan manusia dan leverage berpengaruh terhadap keteraksesan informasi keuangan daerah, sedangkan kompetisi politik tidak berpengaruh terhadap keteraksesan informasi keuangan daerah. Saran dalam penelitian ini bagi pihak pemerintah daerah untuk menyediakan informasi keuangan daerah yang lebih lengkap dan menyediakan berbagai konten yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi tersebut. Pemerintah pusat diharapkan memaksimalkan kegiatan monitoring terhadap website resmi pemerintah daerah. Penulis selanjutnya agar menambah periode penelitian sehingga dapat menambah unit analisis agar dapat membandingkan tingkat ketersediaan dan keteraksesan informasi keuangan daerah dalam website antar periode.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ketersediaan, Keteraksesan, Informasi Keuangan Daerah, Kompetisi Politik, Indeks Pembangunan Manusia, Leverage.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 14:01
    Last Modified: 07 Feb 2018 14:01

    Actions (login required)

    View Item