FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN ( Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dari Tahun 2011`- 2015 )

SITI ATIKOH , 7211413029 (2017) FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN ( Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dari Tahun 2011`- 2015 ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1726Kb)

    Abstract

    Kata Kunci : Going Concern, Faktor Keuangan, Faktor Non Keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan bukti empiris faktor keuangan (rasio profitabilitas, rasio likuiditas, dan rasio pertumbuhan penjualan) dan faktor non keuangan (auditor client tenure, auditor reputation, dan prior opinion) berpengaruh terhadap prediksi pemberian opini going concern. Prediksi tentang opini audit going concern telah menjadi perhatian khusus bagi auditor dan pemegang saham. Saat kondisi ekonomi merupakan suatu hal yang tidak pasti, para investor mengharapkan auditor memberikan early warning akan kegagalan keuangan perusahaan. Auditor bertanggungjawab untuk mengevaluasi apakah terdapat kesangsian besar terhadap kemampuan entitas perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam periode waktu pantas, tidak lebih dari satu tahun sejak tanggal laporan keuangan yang sedang diaudit. Populasi pada penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011 sampai 2015. Berdasarkan hasil dari purposive sampling diperoleh 65 sampel yang memenuhi kriteria. Data penelitian ini adalah data yang bersifiat kuantitatif yaitu fakta / angka / hasil pengukuran yang memiliki satuan dan nilai nol adalah absolute. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi logistik. Hasil pengolahan diperoleh nilai signifikansi dari profitabilitas 0,339, likuiditas 0,948, pertumbuhan penjualan 0,129, auditor client tenure 0,293, auditor reputation 0,999. Kelima faktor tersebut lebih tinggi dari alpha 5%. Sedangkan nilai signikansi prior opinion 0,016 yang lebih kecil dari alpha 5%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa tiga faktor keuangan (profitabilitas, likuiditas, dan pertumbuhan penjualan) serta dua faktor non keuangan (auditor client tenure dan auditor reputation) tidak berpengaruh terhadap prediksi pemberian opini audit going concern. Sedangkan satu faktor non keuangan yaitu prior opinion secara empiris berpengaruh positif terhadap prediksi pemberian opini audit going concern. Untuk penelitian selanjutnya dapat menjadikan skripsi ini sebagai referensi bacaan yang akan menyusun skripsi dengan tema sentral yang berkaitan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Going Concern, Faktor Keuangan, Faktor Non Keuangan.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 10:15
    Last Modified: 07 Feb 2018 10:15

    Actions (login required)

    View Item