PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia dari Tahun 2012 – 2015)

Ita Khoerun Nisa , 7211413026 (2017) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia dari Tahun 2012 – 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1441Kb)

    Abstract

    Nilai perusahaan yang tinggi dapat meningkatkan kemakmuran bagi para pemegang saham. Oleh sebab itu, perusahaan harus meningkatkan harga saham, sehingga para pemegang saham memilih untuk menginvestasikan modalnya pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan melalui pengungkapan corporate social responsibility (CSR) sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015 yang berjumlah 132 perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purpose sampling sehingga diperoleh 140 unit analisis. Alat analisis yang digunakan adalah IBM SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage tidak berpengaruh. Oleh karena itu, pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dianggap mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh, leverage, dan kepemilikan manajerial, sedangkan pengungkapan corporate social responsibility tidak dapat memoderari pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Hasil pengaruh tersebut menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah Manajemen perusahaan disarankan untuk meningkatkan pengungkapan kegiatan sosialnya karena peningkatan harga saham ditentukan dengan melihat hubungan perusahaan dengan masyarakat. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah untuk menggunakan menggunakan proksi kinerja keungan dan proksi GCG yang lain. Selain itu, Menggunakan sampel yang berbeda dengan tujuan untuk membandingkan hasil penelitian seperti perusahaan di sektor industri properti dan real estate.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Manajerial, Nilai Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 10:03
    Last Modified: 07 Feb 2018 10:03

    Actions (login required)

    View Item