PERSEPSI APARATUR PEMERINTAH DESA MENGENAI DETERMINAN PENCEGAHAN KECURANGAN (Studi Empiris di Kabupaten Tegal)

Eka Dhia Atikah, 7211413014 (2017) PERSEPSI APARATUR PEMERINTAH DESA MENGENAI DETERMINAN PENCEGAHAN KECURANGAN (Studi Empiris di Kabupaten Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1482Kb)

    Abstract

    Pencegahan kecurangan di pemerintahan desa sangat penting dilakukan karena banyaknya kasus kecurangan yang terjadi. Tujuan dari pencegahan kecurangan adalah untuk mengurangi kecurangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan pengendalian internal terhadap pencegahan kecurangan dengan spiritualitas di tempat kerja sebagai variabel pemoderasi dan good governance sebagai variabel pemediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah aparatur pemerintah desa di Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling sehingga diperoleh 105 responden. Alat analisis yang digunakan adalah SmartPLS3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas dan pengendalian internal tidak berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan, sedangkan good governance berpengaruh. Oleh karena itu, good governance dianggap mampu memediasi pengaruh pengendalian internal dan spiritualitas di tempat kerja mampu memoderasi pengaruh religiusitas terhadap pencegahan kecurangan. Hasil pengaruh mediasi menunjukkan bahwa pengendalian internal berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan melalui good governance dan hasil efek moderasi menunjukkan bahwa spiritualitas di tempat kerja memoderasi religiusitas terhadap pencegahan kecurangan. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini bagi aparatur pemerintah desa diharapkan untuk mempertahankan spiritualutas di tempat kerja dan good governance yang sudah berjalan dengan baik. Saran bagi penelitiaan selanjutnya diharapkan menentukan sampel dengan cara random agar mampu merepesentasikan populasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pencegahan Kecurangan, Religiusitas, Spiritualitas di Tempat Kerja, Pengendalian Internal, Good Governance
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 09:16
    Last Modified: 07 Feb 2018 09:16

    Actions (login required)

    View Item