FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP REVALUASI ASET TETAP (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015)

Irma Sulistiyani , 7211413005 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP REVALUASI ASET TETAP (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (958Kb)

    Abstract

    Penilaian aset tetap menggunakan metode harga perolehan menjadikan nilai aset tetap yang disajikan dalam laporan keuangan menjadi tidak relevan, karena nilai yang disajikan tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Hal ini disebabkan karena adanya fluktuasi inflasi yang terjadi di Indonesia. PSAK 16 Revisi 2011 memperbolehkan perusahaan untuk memilih metode biaya atau metode revaluasi. Revaluasi aset tetap merupakan penilaian kembali aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan akibat adanya perubahan harga aset di pasaran, sehingga diperlukan penyesuaian nilai buku aset dengan nilai wajar aset. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan melakukan revaluasi aset tetap. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 85 perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi leverage, likuiditas, ukuran perusahaan, intensitas aset tetap dan akuisisi. Metode analisis menggunakan analisis regresi logistik yang meliputi uji overall model fit, uji kelayakan model, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis dengan signifikansi α = 5%. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel leverage dan akuisisi berpengaruh positif terhadap pemilihan metode revaluasi aset tetap. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan leverage tinggi dan perusahaan yang melakukan akuisisi cenderung memilih metode revaluasi aset tetap dalam menilai aset tetapnya. Variabel likuiditas, ukuran perusahaan, dan intensitas aset tetap tidak berpengaruh terhadap keputusan melakukan revaluasi aset tetap. Saran bagi perusahaan sebaiknya mempertimbangkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan melakukan revaluasi aset tetap. Bagi investor, sebaiknya mempertimbangkan untuk berinvestasi di perusahaan yang melakukan revaluasi aset tetap. Penelitian selanjutnya dapat meneliti faktor-faktor lain yang dimungkinkan dapat mempengaruhi pemilihan metode revaluasi aset tetap, menambah periode pangamatan, dan meneliti dampak adanya PMK 191/PMK.010/2015 tentang Penilaian Kembali Aktiva Tetap untuk tujuan Perpajakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Revaluasi Aset Tetap, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Intensitas Aset Tetap, Akuisisi
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 09:04
    Last Modified: 07 Feb 2018 09:04

    Actions (login required)

    View Item