PENDEKTEKSIAN FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT MELALUI CROWE’S FRAUD PENTAGON THEORY PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI

Taufiqotul Yusroniyah , 7211413004 (2017) PENDEKTEKSIAN FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT MELALUI CROWE’S FRAUD PENTAGON THEORY PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1331Kb)

    Abstract

    Kecurangan merupakan tindakan illegal yang dilakukan satu orang atau sekelompok orang secara sengaja atau terencana yang menyebabkan kerugian terhadap orang atau kelompok lain dengan tujuan mencari keuntungan untuk dirinya sendiri. Kecurangan pada laporan keuangan adalah tindakan yang disengaja merubah komponen-komponen pada laporan keuangan dengan tujuan menutupi keadaan yang sebenarnya. Kecurangan dapat terjadi karena adanya tekanan, peluang, rasionalisasi, kemampuan dan sifat arogan. Kasus kecurangan pada laporan keuangan masih terus muncul dan semakin marak terjadi di dunia bisnis. Dalam beberapa media massa memberitakan kasus kecurangan banyak terjadi pada perusahaan milik negara. Pada penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pendeteksian fraudulent financial statement melalui crowe’s fraud pentagon theory pada perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2015. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah financial target, financial stability, external pressure, effective monitoring, institutional ownership, kualitas auditor eksternal, change in auditor, pergantian direksi, dan frequent number of CEO’s picture. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan data sekunder. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuangan yang diambil dari website BEI. Populasi yang dipilih pada penelitian ini adalah perusahaan milik negara yang terdaftar di BEI dan memperoleh populasi sebanyak 22 emiten selama periode pengamatan enam tahun dari tahun 2010-2015. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang menerbitkan laporan tahunan, menyajikan laporan keuangan dengan rupiah, dan menyediakan data-data yang dibutuhkan dalam penelitian. Analisis yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistik inferensia (peramalan) dengan menggunakan analisis regresi logistic karena variabel dependen merupakan variabel dummy dibantu dengan software SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian, keseluruhan hipotesis penelitian dari sembilan variabel terdapat tiga variabel yang mendukung hipotesis penelitian yaitu variabel effective monitoring, pergantian direksi, dan frequent number of CEO’s picture. Namun tujuh variabel yang menunjukan hasil yang tidak mendukung hipotesis penelitian diantaranya hipotesis variabel financial target, financial stability, external pressure, institutional ownership, kualitas auditor eksternal, dan change in auditor. Hal ini dikarenakan emiten yang menjadi sampel pada penelitian ini terdiri dari berbagai sector dan jenis usaha (majemuk). Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menentukan sampel yang sesuai dengan variabel pengukuran dan teori yang mendukung terhadap penelitian.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Fraud, Pentagon Theory, Fraudulent Financial Statement
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 08:57
    Last Modified: 07 Feb 2018 08:57

    Actions (login required)

    View Item