EFEKTIVITAS RELAKSASI GUIDED IMAGERY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BERTANDING PADA ATLET PENCAK SILAT DI KABUPATEN PURBALINGGA

Ulfah Nurjanah , 1511413141 (2017) EFEKTIVITAS RELAKSASI GUIDED IMAGERY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BERTANDING PADA ATLET PENCAK SILAT DI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (881Kb)

    Abstract

    Berdasarkan fenomena kecemasan bertanding pada atlet pencak silat, ditemukan bahwa atlet mengalami perasaan takut, tegang, gelisah, sulit berkonsentrasi dan gangguan pencernaan sehingga mengganggu performa atlet menjelang pertandingan. Salahsatuupaya sederhana dan mudah yang dapat dilakukan atlet untuk mereduksi atau menurunkan kecemasan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan dan menenangkan, salah satunya dengan melakukan Relaksasi Guided Imagery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Relaksasi Guided Imagery efektif untuk menurunkan kecemasan bertanding pada atlet. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet pencak silat yang tergabung dalam Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Purbalingga yang akan mengikuti pertandingan usia pra-remaja atau setingkat SMP/MTS sederajat. Sampel penelitian yang digunakan adalah 28 atlet pencak silat yang kemudian dibagi ke dalam kelompok eksperimen (14 Atlet) dan kelompok kontrol (14 Atlet) dengan teknik randomisasi. Desain penelitian yang peneliti gunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diambil menggunakan skala kecemasan yang dimodifikasi dari Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) untuk pretest dan posttest yang terdiri dari 43 aitem dengan koefisien validitas aitem antara 0,273 sampai dengan 0.802 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,942. Uji hipotesis dengan analisis statistik Independent Sample T-Test dapat diketahui bahwa terdapat penurunan yang signifikan dari mean dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai mean kelompok eksperimen sebesar 43.7143 sedangkan pada kelompok kontrol hasilnya menjadi 10.7143. Sementara itu pada uji t-test diperoleh hasil nilai t sebesar -2,797 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,010. Maka dapat dikatakan bahwa hipotesisditerima karena nilai signifikansi p = 0,010 lebih kecil daripada α 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efek dari pemberian relaksasi guided imagery terhadap penurunan kecemasan pada kelompok eksperimen.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Relaksasi Guided Imagery dan Kecemasan Bertanding
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    O Sport > Relaxation
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 07 Feb 2018 08:55
    Last Modified: 07 Feb 2018 08:55

    Actions (login required)

    View Item