PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY DAN ECONOMIC PERFORMANCE TERHADAP ENVIRONMENTAL PERFORMANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DENGAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL DEPENDEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan dan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI)

UTAMI MAULINA , 7211412168 (2017) PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY DAN ECONOMIC PERFORMANCE TERHADAP ENVIRONMENTAL PERFORMANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DENGAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL DEPENDEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan dan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1196Kb)

    Abstract

    Economic performance merupakan kinerja perusahaan secara relatif dalam suatu industri yang sama dengan ditandai dengan return tahun industri yang bersangkutan. Perusahaan harus memiliki environmental performance yang baik dengan menciptakan environmental disclosure yang baik agar dapat mengontrol dan mengawasi economic performance perusahaan yang sudah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi. Growth opportunity yang dihadapi perusahaan di waktu yang akan datang merupakan sebuah prospek baik yang dapat mendatangkan laba bagi perusahaan yang terkait. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan dan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2014 yang terdiri dari 27 perusahaan. Teknik pengambilan sampel emnggunakan purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 81 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan teknik dokumentasi yang diambil dari website BEI. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan alat analisis SPSS 21 dan analisis jalur dengan AMOS 19. Hipotesis 1 diterima nilai CR 7.677 > 1.96 P sebesar 0.000 < 0.05. Hipotesis 2 diterima nilai CR pada hipotesis ini adalah 3.506 > 1.96 dengan nilai P sebesar 0.000 < 0.05. Hipotesis 3 ditolak bahwa nilai CR pada hipotesis ini adalah -1.183 < 1.96 dengan nilai P sebesar 0.237 > 0.05. Hipotesis 4 diterima bahwa nilai CR pada hipotesis ini adalah 3.661 > 1.96 dengan nilai P sebesar 0.000 < 0.05. Adanya pengaruh signifikan positif antara growth opportunity terhadap economic performance, economic performance terhadap environmental performance berpengaruh signifikan positif, environmental performance terhadap environmental disclosure berpengaruh signifikan positif, dan tidak ada pengaruh signifikan positif antara growth opportunity terhadap environmental performance. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan variabel di luar penelitian variabel independen yang ada dalam penelitian ini, sehingga didapatkan secara lebih luas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi growth opportunity.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Growth Opportunity, Economic Performance, Environmental Performance, dan Environmental Disclosure
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 07 Feb 2018 08:47
    Last Modified: 07 Feb 2018 08:47

    Actions (login required)

    View Item