PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP PENGUASAAN KETERAMPILAN PADA PESERTA PELATIHAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO

Dwiana Septian Setyabudi , 1201413079 (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP PENGUASAAN KETERAMPILAN PADA PESERTA PELATIHAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (716Kb)

    Abstract

    Ketersediaan lapangan pekerjaan tidak hanya dialami oleh masyarakat yang berpendidikan rendah. Banyak sarjana yang hanya menjadi pengangguran, akibatnya pendidikan yang dulunya begitu diagung-agungkan justru terlihat percuma. Individu dengan gelar sarjana dan keinginan untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari- harinya menjadi faktor yang memicu orang-orang untuk mencari pekerjaan. Keberhasilan pelatihan tidak akan berhasil dengan materi (alat) dan SDM yang mendukung namun pemahaman karakteristik SDM yang kurang akan berakibat akan hasil pelatihan yang kurang maksimal, akan tetapi apabila pelaksanaan program mampu memahami karakteristik warga belajar, sudah barang tentu akan tercapai tujuan program karakteristik itu yang memegang peran yang sangat primmer dalam proses pembelajaran manusia. Karakteristik adalah suatu hal yang melatar belakangi semangat kerja dan prospek kerja individu dalam kemauannya menjalankan suatu pekerjaan, dengan terbagi menjadi 4 konsentrasi yaitu : Kemampuan Umur dan Pendidikan, Ekonomi, Lingkungan, dan Jenis Kelamin. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1. Apakah terdapat pengaruh karakteristik jenis kelamin peserta pelatihan terhadap penguasaan keterampilan di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha? 2. Berapa persentase pengaruh karakteristik jenis kelamin peserta pelatihan terhadap penguasaan keterampilan di Panti Pelayanan Sosial Taruna Yodha? 3. Apakah terdapat karakteristik lingkungan terhadap penguasaan keterampilan di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha? 4. Berapa persentase pengaruh karakteristik lingkungan terhadap penguasaan keterampilan di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha? Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. penelitian kuantitatif banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Hasil analisis regresi liner berganda menunjukkan diperoleh nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 0,558 atau 55,8%. Yang artinya bahwa variabel Jenis Kelamin dan Lingkungan mempengaruhi variabel Penguasaan Keterampilan pada Peserta Pelatihan di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo Tahun 2017 sebesar 55,8% sedangkan sisanya 44,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Simpulan pengaruh karakteristik Individu Jenis kelamin dan Lingkungan berpengaruh Terhadap Penguasaan Keterampilan peserta pelatihan di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo Tahun 2017.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: karakteristik, individu, penguasaan, keterampilan
    Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
    L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 07 Feb 2018 12:43
    Last Modified: 07 Feb 2018 12:43

    Actions (login required)

    View Item