PENGARUH UPAH, UMUR, STATUS PERKAWINAN, DAN JUMLAH TANGGUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN TENAGA KERJA LULUSAN PERGURUAN TINGGI (SARJANA) UNTUK BEKERJA ATAU TIDAK BEKERJA (Studi Kasus di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang)

Eka Rochaningrum , 7111413072 (2017) PENGARUH UPAH, UMUR, STATUS PERKAWINAN, DAN JUMLAH TANGGUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN TENAGA KERJA LULUSAN PERGURUAN TINGGI (SARJANA) UNTUK BEKERJA ATAU TIDAK BEKERJA (Studi Kasus di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1308Kb)

    Abstract

    Kota Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki posisi yang strategis dalam menentukan kebijakan, tujuan, dan sarana pembangunan serta perekonomian karena berada pada jalur lalu lintas ekonomi pulau Jawa dan merupakan koridor pembangunan Jawa Tengah. Seiring dengan berkembangnya globalisasi Kota Semarang berkembang menjadi kota yang memfokuskan pada perdagangan dan jasa. Sehingga, memiliki peluang yang cukup besar untuk tumbuh dan mengembangkan berbagai sektor perekonomian, khususnya sektor industri, perdagangan, serta jasa karena jumlah angkatan kerja yang cukup banyak. Berdasarkan data BPS jumlah pencari kerja yang terdata oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Semarang pada tahun 2016 paling banyak yang belum terserap adalah dari lulusan sarjana yaitu sebanyak 3.741 orang. Selain itu, Kecamatan Pedurungan dipilih sebagai obyek penelitian karena proporsi pengangguran sarjana yang cukup tinggi namun jumlah industri yang ada di Kecamatan tersebut juga tinggi. Subjek penelitian ini adalah tenaga kerja lulusan perguruan tinggi (sarjana) di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Data dihimpun dari 99 responden yang bekerja sebanyak 76 orang dan 23 orang tidak bekerja dan dianalisis menggunakan metode regresi logistik. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusan tenaga kerja lulusan perguruan tinggi (sarjana) untuk bekerja atau tidak bekerja dan variabel independen berupa upah, umur, status perkawinan, dan jumlah tanggungan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel independen berupa upah, status perkawinan, dan jumlah tanggungan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen dan variabel umur tidak berpengaruh signifikan. Nilai prob. LR statistic menunjukkan bahwa secara bersama-sama antara upah, umur, status perkawinan, dan jumlah tanggungan berpengaruh signifikan terhadap keputusan penawaran tenaga kerja lulusan sarjana di Kecamatan Pedurungan. Hasil uji McFadden R-Squared sebesar 0.85.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keputusan Tenaga Kerja, Penawaran Tenaga Kerja, Sarjana, Pendidikan
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 06 Feb 2018 08:25
    Last Modified: 06 Feb 2018 08:25

    Actions (login required)

    View Item