Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Kegiatan Parenting (Studi Kasus pada Kelompok Bermain Roudloh Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah)

Nisa Fitriani Ma’rufah , 1201413023 (2017) Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Kegiatan Parenting (Studi Kasus pada Kelompok Bermain Roudloh Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (986Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1)Proses kegiatan parenting yang dilaksanakan di Kelompok Bermain (KB) Roudloh, (2)Kecerdasan emosional anak di kalangan orangtua yang mengikuti kegiatan parenting di Kelompok Bermain (KB) Roudloh, dan (3)Kegiatan parenting dapat mengembangkan kecerdasan emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, untuk subyek dalam penelitian ini adalah guru dan orangtua yang aktif pada kegiatan parenting di Kelompok Bermain (KB) Roudloh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan wawancara. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Proses kegiatan parenting yang dilaksanakan di Kelompok Bermain (KB) Roudloh terdapat 3 tahap yaitu proses perencanaan yang diawali dengan sosialisasi, pembentukan pengurus, penyamaan persepsi, identifikasi kebutuhan belajar, penentuan tempat dan waktu serta penyusunan jadwal kegiatan selanjutnya proses pelaksanaan terdapat beberapa kegiatan yaitu seminar parenting, outbond family dan wisata edukasi serta terdapat buku penghubung orangtua dan guru, keterlibatan orangtua dalam pembelajaran anak kemudian proses evaluasi dengan kunjungan rumah dan pertemuan evaluasi. (2)Kecerdasan emosional anak dikalangan orangtua yang mengikuti kegiatan parenting berkembang secara bertahap dengan kesabaran orangtua melalui proses pembiasaan dan (3)Semua bentuk kegiatan parenting yang dilaksanakan dapat mengembangkan kecerdasan emosional anak ketika orangtua mampu menerapkan hasilnya kepada anak. Saran yang dapat diberikan penulis adalah pengelola memaksimalkan kehadiran orangtua dengan memberikan reward pada orangtua, pengelola agar lebih intensif pada kegiatan yang dapat mengeratkan hubungan orangtua dan anak, pengelola lebih maksimal dalam mengamati orangtua ketika evaluasi berlangsung.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional Anak, Kegiatan Parenting
    Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
    L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 06 Feb 2018 12:02
    Last Modified: 06 Feb 2018 12:02

    Actions (login required)

    View Item