ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI KOTA SEMARANG

Retno Dwi Harianti , 7111410048 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1905Kb)

    Abstract

    Pelayanan publik merupakan pelayanan yang wajib diselenggarakan negara untuk pemenuhan kebutuhan dasar atau hak-hak dasar warga negara. Salah satu bidang pelayanan publik adalah bidang kesehatan. Kesehatan merupakan kebutuhan manusia yang utama dan menjadi prioritas yang mendasar bagi kehidupan. Dilandasi Undang-Undang No.24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), pemerintah melaksanakan langkah bagi terselenggaranya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mulai tahun 2014 demi terciptanya jaminan kesehatan semesta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan program JKN di Kota Semarang dan apa saja yang menjadi kendala-kendala serta dampak positif dan negatif dalam pelaksanaan program tersebut. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan data primer yang diperoleh dari observasi dan wawancara dengan beberapa pengguna dan pelaksana program JKN. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam mekanisme pendaftaran dan alur penggunaan BPJS Kesehatan masyarakat masih mengalami kendala karena proses pendaftaran yang rumit. Respon pengguna program JKN, informan mengeluhkan tentang lamanya antrian, masalah informasi, administrasi yang membingungkan, dan masalah dalam hal pelayanan. Dampak positif yang dirasakan para pengguna JKN, yaitu: biaya pengobatan terjamin, mempunyai asuransi, dan iuran bulanan terjangkau. Sedangkan dampak negatif yang dirasakan adalah tentang lamanya daftar tunggu rawat inap di rumah sakit, adanya keterbatasan obat, dan harus mengikuti aturan rujukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan program JKN di Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini adalah lebih menyederhanakan aturan dan alur dalam pelaksanaan program JKN dan perlunya peningkatan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang merata.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pelayanan Publik, Jaminan Sosial, Jaminan Kesehatan Nasional, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service
    R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 02 Feb 2018 07:05
    Last Modified: 02 Feb 2018 07:05

    Actions (login required)

    View Item