PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM BIDANG STUDI EKONOMI KELAS X SMA YPK TABERNAKEL NABIRE (PAPUA) TAHUN AJARAN 2017/2018

Fransiska Goo , 7101413439 (2017) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM BIDANG STUDI EKONOMI KELAS X SMA YPK TABERNAKEL NABIRE (PAPUA) TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (709Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan suatu usaha untuk membantu mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik yang berguna bagi kehidupan siswa baik sekarang maupun untuk waktu mendatang. Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan angka nilai yang diberikan oleh guru. Ekonomi merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa SMA. Terbukti masih banyaknya siswa dengan prestasi belajar rendah yaitu kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang berdampak juga pada motivasi belajar siswa. Sehingga, lulusan sekolah belum sesuai dengan visi sekolah yang semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi siswa kelas X SMA YPK Tabernakel Nabire (Papua) Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 83 siswa. Variabel yang diteliti yaitu prestasi belajar sebagai variabel terikat (Y) serta variabel bebas diantaranya perhatian orang tua (X1) dan motivasi belajar (X2). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan program komputer IBM SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan perhatian orang tua dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA YPK Tabernakel Nabire (Papua) tahun ajaran 2017/2018 secara simultan sebesar 14,8%. Sedangkan secara parsial motivasi belajar berpengaruh 9,8% dan perhatian orang tua berpengaruh 10,3% terhadap prestasi belajar ekonomi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA YPK Tabernakel Nabire (Papua) secara simultan dan parsial. Saran yang dapat diberikan adalah siswa perlu meningkatkan motivasi belajar dengan banyak mencari dan memecahkan soal-soal ekonomi dari berbagai sumber. Sedangkan, dari orang tua hendaknya ikut serta membimbing dan memotivasi siswa dalam belajar di rumah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 01 Feb 2018 09:52
    Last Modified: 01 Feb 2018 09:52

    Actions (login required)

    View Item