PENANAMAN NILAI-NILAI KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA TEMPAT PENITIPAN ANAK (ONE DAYCARE) DI PAUD TAMAN BELIA CANDI KOTA SEMARANG

Embun Melati Widiasih , 1201413002 (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA TEMPAT PENITIPAN ANAK (ONE DAYCARE) DI PAUD TAMAN BELIA CANDI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (799Kb)

    Abstract

    Nilai kemandirian dan kreativitas anak perlu ditanamkan sejak pendidikan anak usia dini merupakan tahapan awal anak mulai belajar banyak tentang kehidupannya. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian adalah tentang bagaimana penanaman nilai kemandirian anak usia dini pada program TPA (one daycare) di PAUD Taman Belia Candi dan bagaimana penanaman nilai kreativitas anak usia dini pada program TPA (one daycare) di PAUD Taman Belia Candi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai kemandirian anak usia dini pada program TPA (one daycare) yang ada di PAUD Taman Belia Candi dan mendeskripsikan penanaman nilai kreativitas anak usia dini pada program TPA (one daycare) yang ada di PAUD Taman Belia Candi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah peserta didik ,pendidik, pengasuh, koordinator TPA dan Kepala Sekolah serta orangtua peserta didik. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Tahapan analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan 1) penanaman nilai kemandirian dilakukan dengan kegiatan pembiasaan yang dilakukan anak setiap hari dan keteladanan dari pendidik serta pembentukan lingkungan yang mendukung dengan muatan materi kemandirian setiap harinya sesuai RKH anak dilatih untuk makan sendiri dan semua kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. 2) Penanaman nilai kreativitas dilakukan dengan kegiatan bermain sambil belajar dengan tersedianya APE (alat permainan edukatif) dan berbagai ragam sentra dalam pembelajaran setiap hari yang mampu meningkatkan kreativitas anak. Simpulan dalam penelitian ini ialah penanaman nilai kemandirian anak usia dini dilakukan dengan dukungan dari kegiatan yang dilakukan setiap hari, media, materi, metode dan pendekatan yang digunakan disesuaikan dengan tahapan usia perkembangan anak. penanaman nilai kreativitas anak usia dini dilakukan dalam semua proses pembelajaran dengan konsep creative play and playing by learning dan sarana yang mendukung anak dalam mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki. Bagi lembaga disarankan untuk meningkatkan lagi kualitas maupun kuantitas media atau sarana prasarana misal kelengkapan alat permainan edukatif (APE) dan bekerjasama dengan masyarakat, terkait penanaman nilai kemandirian dan kreativitas anak usia dini terutama bagi orangtua yang memiliki anak usia dini untuk lebih memperhatikan bagaimana tumbuh kembang anak pada masa usia dini agar dapat mengembangkan kemampuan atau bakat anak secara optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Kreativitas, Anak Usia Dini, Tempat Penitipan Anak
    Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > L Education (General) > Tutoring
    L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 01 Feb 2018 14:36
    Last Modified: 01 Feb 2018 14:36

    Actions (login required)

    View Item