PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 11 SEMARANG

Novita Handayani , 1102413110 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1197Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pencemaran lingkungan dilihat dari aspek pencapaian hasil belajar dan sikap kepedulian lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Semarang. Teknik pengumpulan data dengan angket (kuesioner) dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPA Terpadu pokok bahasan Pencemaran Lingkungan kelas VII. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase skor validasi rata-rata ahli media yaitu 97% dilihat dari aspek tampilan dan aspek pemrograman serta persentase skor validasi rata-rata ahli materi yaitu 86% dilihat dari aspek pembelajaran dan aspek isi. Berdasarkan persentase rata-rata tersebut maka media termasuk dalam kategori sangat baik menurut ahli media dan ahli materi. Hasil uji keefektifan dengan uji t (paired sample t-test) menunjukkan nilai sig = 0.001, karena nilai sig lebih kecil dari 0.05 atau 0.001 < 0.05 maka H0 ditolak atau dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dan karena hal tersebut media dikatakan efektif. Sedangkan dari hasil perhitungan angket tingkat kepedulian siswa terhadap lingkungan, diperoleh skor rata-rata 66.31 atau jika dipersentasekan menjadi 88.42% yang artinya tingkat kepedulian siswa terhadap lingkungan setelah menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik termasuk dalam ketegori sangat baik. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada pokok bahasan Pencemaran Lingkungan dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dapat menumbuhkan serta meningkatkan tingkat kepedulian siswa terhadap lingkungan. Berdasarkan simpulan tersebut maka diharapkan guru dapat membuat media pembelajaran yang inovatif dan sederhana yang bisa membuat siswa tertarik dan mempermudah siswa untuk memahami mata pelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Pencemaran Lingkungan, Pendekatan Saintifik, Pengembangan.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > L Education (General) > Interactive Learning
    L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
    L Education > L Education (General) > Laboratory Facilities
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 01 Feb 2018 09:24
    Last Modified: 01 Feb 2018 09:24

    Actions (login required)

    View Item