PENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DAN PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP AL-ISLAM GUNUNGPATI SEMARANG

MUHAMMAD IMAM BUSTANUL ARIFIN , 1102413078 (2017) PENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DAN PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP AL-ISLAM GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan pembelajaran. Dalam observasi yang dilakukan di SMP Al-Islam Gunungpati ditemukan bahwa siswa memiliki motivasi yang rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi siswa adalah kemampuan mengajar guru. Kemampuan mengajar guru ini dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru, yang salah satu kompetensi intinya adalah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran. Akan tetapi dalam penerapan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran guru hanya menganggap sebagai sebuah rutinitas dan tidak mengetahui manfaat serta tujuannya. Salah satu teori belajar yang tepat diterapkan pada jenjang dasar adalah teori belajar behavioristik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teori belajar behavioristik dan prinsip-prinsip pembelajaran terhadap motivasi peserta didik baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII sebanyak 155 siswa, dengan sampel 61 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik propotionate stratified random sampling. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=12,478+0,281X1+0,128X2. Hasil Uji F diperoleh nilai signifikansi 0,000 dengan ftabel > fhitung (17,371>3,15) yang menunjukan ada pengaruh positif dan signifikan antara penerapan teori belajar behavioristik dan prinsip-prinsip pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dengan kontribusi 37,5%. Sedangkan pengaruh secara parsial, penerapan teori belajar behavioristik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai rhitung > rtabel (5,573>2,002) dengan kontribusi 34,5%. Penerapan prinsip-prinsip pembelajaran juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai rhitung > rtabel (5,167>2,002) dengan kontribusi 31,2%. Simpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan teori belajar behavioristik dan prinsip-prinsip pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Sarannya guru hendaknya dalam pembelajaran lebih memerhatikan lagi penerapan teori belajar behavioristik dan prinsip-prinsip pembelajaran serta lebih meningkatkan kompetensi pedagogik yang telah dimiliki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teori Belajar Behavioristik, Prinsip-Prinsip Pembelajaran, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 09:25
Last Modified: 01 Feb 2018 09:25

Actions (login required)

View Item