IMPLEMENTASI TUJUAN KURIKULER MATA PELAJARAN PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL (PBKL) BUDIDAYA LELE DALAM PENCAPAIAN VISI MISI SEKOLAH DI SMA NEGERI 10 SEMARANG

Endang Sunarsih , 1102413001 (2017) IMPLEMENTASI TUJUAN KURIKULER MATA PELAJARAN PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL (PBKL) BUDIDAYA LELE DALAM PENCAPAIAN VISI MISI SEKOLAH DI SMA NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Visi dan misi sekolah menjadi tujuan utama sekolah dalam menciptakan lulusan yang diharapkan. SMA Negeri 10 Semarang memiliki pelajaran Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal yang dirintis sejak tahun 2009. Pelajaran ini diharapkan menjadi kecakapan dalam menghadapi pekerjaan atau keadaan tertentu sesuai dengan visi sekolah. Fokus penelitian ini adalah implementasi tujuan kurikuler dalam pencapaian visi misi sekolah. Tujuan Penelitian (1) untuk mengetahui tujuan kurikuler mata pelajaran Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) budidaya lele (2) implementasi tujuan kurikuler pelajaran tersebut dalam pencapaian visi “Santun Dalam Pribadi, Tangguh Dalam Prestasi” dan misi “Mengembangkan Kegiatan Edukasi Berwawasan Lingkungan”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi Penelitian ini adalah SMA Negeri 10 Semarang. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah : Wakil kepala sekolah, Guru, dan siswa. Uji keabsahan data menggunakan Trianggulasi metode. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman, yaitu meliputi : reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan/ verifikasi kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pengaruh pelajaran PBKL dalam pencapaian visi misi tertulis pada tujuan kurikuler pelajaran tersebut sehingga kompetensi yang diharapkan tercapai (2) Tujuan kurikuler mata pelajaran PBKL memberikan pengaruh terhadap pencapaian visi “santun dalam pribadi, tangguh dalam pestasi” dapat dilihat pada tujuan kurikuler, tujuan intruksional yang tertuang dalam RPP, materi dan kurikulum tersembunyi (3) Selain tujuan kurikuler cara penyampaian materi oleh guru dalam pembelajaran. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Sekolah harus memperhatikan dalam upaya pencapaian tujuan kurikuler dan tujuan intruksional yang dibuat (2) Guru diharapkan mempunyai pemahaman tentang pentingnya tujuan pembelajaran agar tercapainya tujuan tersebut (3) Guru juga diharapkan memberikan materi dengan cara penyampaian yang lebih mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Visi, Misi, Tujuan kurikuler, Tujuan Intruksional, PBKL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 29 Jan 2018 13:04
Last Modified: 29 Jan 2018 13:04

Actions (login required)

View Item