EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA KURIKULUM 2013 OLEH GURU MATA PELAJARAN DI SMP NEGERI 2 KUDUS

Noor Fitratul Jannah , 1102412074 (2017) EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA KURIKULUM 2013 OLEH GURU MATA PELAJARAN DI SMP NEGERI 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1237Kb)

    Abstract

    Kurikulum 2013 menuntut guru untuk secara kreatif dalam mengajar siswa menggunakan berbagai media pembelajaran. Media pembelajaran dapat berupa media cetak, visual, maupun audio visual. Seiring perkembangan teknologi, guru juga dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi yang ada sebagai perantara media pembelajaran yang akan digunakan. Selain papan tulis, guru dapat memanfaatkan LCD untuk memaparkan materi dengan powerpoint salah satunya. Siswa menjadi lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami lebih mudah oleh siswa. Powerpoint merupakan media yang mudah digunakan untuk membantu proses menjelaskan suatu informasi. Begitu pula dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan media powerpoint guru dapat menjelaskan materi dengan lebih mudah dan dapat menarik perhatian siswa. Selain itu, dengan menggunakan powerpoint dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran untuk mendukung kurikulum 2013 dengan maksimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Lokasi di dalam penelitian ini berada di SMP Negeri 2 Kudus. Informan dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, 9 guru mata pelajaran, dan siswa kelas VIID. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi partisipasif, angket, evaluasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa media powerpoint yang dibuat oleh guru mata pelajaran di SMP 2 Kudus dapat dikategorikan baik dengan presentase 76%. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan data angket yang di berikan kepada siswa yang berisi tentang pengaruh powerpoint yang dibuat guru terhadap minat belajar siswa dan tingkat kepahaman siswa dalam proses belajar di kelas. Presentase yang didapat dari angket yang disebarkan kepada 32 siswa adalah 75% sehingga dapat dikategorikan baik. Angket yang diisi oleh guru memiliki presentase 69% dan dapat dikategorikan baik. Guru mata pelajaran di SMP Negeri 2 Kudus sudah mampu menciptakan powerpointnya sendiri karena hasil angket yang diisi guru dan siswa serta lembar evaluasi yang diisi oleh evaluator memiliki nilai yang korelatif. Penulis menyarankan agar guru yang sudah mahir saling membagi ilmu. sedangkan guru yang belum mahir diharapkan mau lebih aktif menciptakan media yang interaktif untuk pembelajaran di kelas demi tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal karena belum semua guru aktif dalam pembuatan dan penggunaan media powerpoint dalam proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, powerpoint, Evaluasi
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 29 Jan 2018 12:29
    Last Modified: 29 Jan 2018 12:29

    Actions (login required)

    View Item