RELEVANSI KURIKULUM KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BUSANA SMK WIDYA PRAJA UNGARAN DENGAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)

Mokhamad Sofyan , 1102412061 (2017) RELEVANSI KURIKULUM KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BUSANA SMK WIDYA PRAJA UNGARAN DENGAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1037Kb)

    Abstract

    Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu lembaga yang menyiapkan para tenaga kerja. SMK diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang unggul, tangguh, kreatif, mandiri, dan profesional pada bidangnya masing-masing. Salah satu usaha SMK dalam meningkatkan mutu dan kualitas lulusannya adalah dengan menyelenggarakan program praktik kerja lapangan (PKL). Namun berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2013 di Jawa Tengah selama ini masih banyak lulusan SMK yang tidak atau belum tertampung dalam dunia kerja. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Widya Praja Ungaran yang telah melaksanakan PKL. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yaitu 41 siswa kelas XII di SMK Widya Praja Ungaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data kompetensi siswa saat melaksanakan PKL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Kompetensi Keahlian Tata Busana SMK Widya Praja Ungaran cukup relevan dengan pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL). Hal ini ditunjukkan pada kecenderungan siswa menjawab sebanyak 19 siswa (46,3%) masuk dalam kategori cukup relevan. Kemudian jumlah siswa yang menjawab dalam kategori relevan sebanyak 13 siswa (31,7%). Selanjutnya jumlah siswa yang menjawab pada kategori kurang relevan sebanyak 7 siswa (17,1%). Sedangkan jumlah siswa yang menjawab paling sedikit masuk pada kategori sangat relevan yaitu 2 siswa (4,9%) Simpulan penelitian ini Kurikulum Kompetensi Keahlian Tata Busana SMK Widya Praja Ungaran cukup relevan dengan pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL). Saran bagi sekolah sebaiknya dilakukan evaluasi kurikulum dan silabus secara kontinyu, serta perlu dilakukan komunikasi untuk menyamakan persepsi antara sekolah dan industri.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: relevansi, kurikulum, PKL
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 29 Jan 2018 12:25
    Last Modified: 29 Jan 2018 12:25

    Actions (login required)

    View Item