PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN PEMBELAJARAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) TERINTEGRASI SOFT SKILL BAGI GURU KIMIA SMA DI KOTA SEMARANG

Anang Budi Utomo, 0101611016 (2016) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN PEMBELAJARAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) TERINTEGRASI SOFT SKILL BAGI GURU KIMIA SMA DI KOTA SEMARANG. PhD thesis, Uniersitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (188Kb)

    Abstract

    Manajemen pelatihan guru kimia SMA di Kota Semarang belum dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis kebutuhan yang belum baik dan kompetensi pedagogik guru tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model faktual, merancang model hipotetis, dan menemukan model pengembangan model manajemen pelatihan pembelajaran bagi guru kimia SMA di Kota Semarang yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan. Teknik pengambilan data meliputi studi dokumentasi, observasi, wawancara, angket dan test, keabasahan data dilakukan dengan reliabilitas, validitas, dan tri angulasi data, sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif/kualitatif, kuantitatif, dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada model faktual: tidak ada analisis kebutuhan; tidak ada perencanaan peserta, materi, maupun instruktur; waktu dan penyelenggaraan tergantung kebijakan penyelenggara, dan ada evaluasi walau tidak optimal. Berdasarkan model faktual, dirancang model hipotetik yang meliputi (1) perencanaan: tuntutan kinerja pembelajaran kimia dan analisis kebutuhan lulusan SMA, maka dibutuhkan program pelatihan pembelajaran CEP terintegrasi soft skill; (2) pelaksanaan: memperhatikan standar pembelajaran kimia maka dilakasanakan pelatihan, dengan kegiatan instruksi pembelajaran, penugasan praktek, pemetaan produksi, dan pemasaran; dan (3) pengendalian: pada kinerja pembelajaran kimia, yang di dalamnya ada penilaian kinerja guru, penilaian kemampuan siswa, dan pentingnya pelatihan pembelajaran CEP terintegrasi soft skill. Kemudian disusun model final yang merupakan pengembangan model hipotetik manajemen pelatihan pembelajaran CEP terintegrasi soft skill, dengan penambahan potensi lokal pada tahap pelaksanaan dan open class pada tahap pengendalian. Model Manajemen Pelatihan Pembelajaran Chemo-Entrepreneurship Terintegrasi Soft Skill yang selanjutnya disingkat Model MP2CEP-S2 mempunyai tingkat keefektifan yang tinggi dan mudah untuk diimplementasikan. Implikasi penelitian: kepada pemeritah agar mengambil kebijakan dan menyediakan fasilitas yang memadai untuk pengembangan kompetensi guru kimia SMA dan kepada guru kimia untuk memiliki sertifikat pelatihan yang relevan dengan tugas pokok dan fungsinya. Saran kepada Dinas Pendidikan untuk melakukan pemetaan kompetensi dan analisis kebutuhan bagi guru kimia, pemerintah dan MGMP untuk menyelenggarakan pelatihan pembelajaran CEP terintegrasi soft skill secara berjenjang dan berkelanjutan; Kepala SMA untuk memberi kesempatan kepada guru kimia dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan; dan para Guru Kimia SMA di Kota Semarang dalam pembelajarannya agar lebih menarik dan bermakna hendaknya menggunakan model pembelajaran CEP terintegrasi soft skill.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 25 Jan 2018 08:12
    Last Modified: 25 Jan 2018 08:12

    Actions (login required)

    View Item