PENGARUH PERSEPSI GURU MENGENAI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN TUNTUTAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI GURU DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA

Wahyudi , 3301405612 (2009) PENGARUH PERSEPSI GURU MENGENAI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN TUNTUTAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI GURU DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI GURU MENGENAI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN TUNTUTAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI GURU DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA) - Published Version
Download (627Kb)

    Abstract

    Kompetensi guru merupakan faktor penentu dalam pencapaian kualitas pendidikan. Kompetensi guru dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kesejahteraan guru dan kurangnya motivasi untuk berprestasi. Untuk dapat mengetahui pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala sekolah dan tuntutas sertifikasi terhadap kompetensi guru di SMA N 1 Banjarnegara, maka perlu penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi guru di SMA N 1 Banjarnegara?, (2) Adakah pengaruh persepsi guru mengenai tuntutan sertifikasi guru terhadap kompetensi guru di SMA N 1 Banjarnegara?, (3) Adakah pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala sekolah dan tuntutan sertifikasi guru terhadap kompetensi guru di SMA N 1 Banjarnegara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adakah pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi guru di SMA N 1 Banjarnegara, (2) mengetahui adakah pengaruh persepsi guru mengenai tuntutan sertifikasi guru terhadap kompetensi guru di SMA N 1 Banjarnegara, (3) mengetahui adakah pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala sekolah dan tuntutan sertifikasi guru terhadap kompetensi guru di SMA N 1 Banjarnegara. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SMA N 1 Banjarnegara yang berjumlah 66 guru tanpa menggunakan sampel. Variabel yamg diteliti yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan tuntutan sertifikasi guru sebagai variabel bebas dan kompetensi guru sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen yang disusun kemudian diuji validitas menggunakan rumus product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi berganda yang sebelumnya telah diuji terlebih dahulu dengan uji asumsi klasik yang berupa uji normalitas, multikolenieritas dan heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam kategori baik (61,90%), tuntutan sertifikasi guru dalam baik (41,27%), dan kompetensi guru dalam kategori sangat baik (75,02%). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan : Y = 34,507 + 0,369(X1) + 0,941(X2). Uji keberartian persamaan regresi menggunakan uji F, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 65,709 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan tuntutan sertifikasi guru terhadap kompetensi guru. Berdasarkan uji parsial diperoleh thitung untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah sebesar 4,186 dengan probabilitas = 0,001 < 0,05. Berdasar hasil penelitian dapat diambil simpulan ada pengaruh positif antara persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala sekolah dan tuntutan sertifikasi guru terhadap kompetensi guru di SMA N 1 Banjarnegara baik secara simultan maupun parsial. Oleh karena itu, dari penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi kepala sekolah untuk dapat meningkatkan perannya dalam membimbing dan mengarahkan para guru agar mereka lebih optimal didalam menjalankan fungsinya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, tuntutan sertifikasi guru, dan kompetensi guru.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 18 Jul 2011 03:20
    Last Modified: 25 Apr 2015 01:00

    Actions (login required)

    View Item