PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS RINGKASAN BUKU KELAS V SDN MEJASEM BARAT 01 KABUPATEN TEGAL

Dini Puspita Sari , 1401412244 (2016) PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS RINGKASAN BUKU KELAS V SDN MEJASEM BARAT 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Salah satu materi mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V yaitu menulis ringkasan buku. Berdasarkan hasil wawancara, dalam pembelajaran menulis ringkasan buku guru masih menggunakan model konvensional. Model ini berpusat pada guru dan siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran. Akibatnya siswa kurang termotivasi untuk membuat ringkasan dan menganggap menulis ringkasan adalah pelajaran yang menyulitkan. Kurangnya motivasi belajar mengakibatkan siswa malas untuk belajar, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selain kurangnya motivasi belajar, indikasi lain yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu kurangnya perhatian orangtua terhadap perkembangan anaknya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar menulis ringkasan buku kelas V SDN Mejasem Barat 01 Kabupaten Tegal. Variabel yang diteliti dalam peneitian ini ada 3 yaitu perhatian orangtua sebagai variabel bebas 1 (X1), motivasi belajar sebagai variabel bebas 2 (X2), dan hasil belajar menulis ringkasan buku sebagai variabel terikat (Y). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Mejasem Barat 01 Kabupaten Tegal 2015/2016. Pengmbilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian ex post facto. Pengujian hipotesis yang pertama menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil uji hipotesis pertama yaitu signifikansi 0,004 < 0,05. Nilai tersebut menunjukkan terdapat pengaruh antara perhatian orangtua dan hasil belajar menulis ringkasan buku. Perhatian orangtua memberikan pengaruh sebesar 37,6%. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan signifikansi 0,042 < 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa dan hasil belajar menulis ringkasan buku. Motivasi belajar memberikan pengaruh sebesar 21%. Pengujian hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji hipotesis ketiga yaitu signifikansi 0,002 < 0,05. Nilai tersebut menunjukkan terdapat pengaruh antara perhatian orangtua dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar menulis ringkasan buku pada siswa kelas V SDN Mejasem Barat 01. Perhatian orangtua dan motivasi belajar memberikan pengaruh sebesar 50,8%. terhadap hasil belajar menulis ringkasan buku. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara perhatian orangtua dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar menulis ringkasan buku pada siswa kelas V SDN Mejasem Barat 01 Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, menulis ringkasan buku, perhatian orangtua, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 12:57
Last Modified: 18 Jan 2018 12:57

Actions (login required)

View Item