PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

MIRNA RAFIKA , 1401412228 (2016) PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (347Kb)

    Abstract

    Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan di kelas IV salah satu SD di Gugus larasati Gunungpati Kota Semarang, diperoleh informasi bahwa guru sudah memenuhi kualifikasi profesional yang ditetapkan tetapi respon siswa belum maksimal. Rumusan masalah adalah bagaimana Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Profesional Guru dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Negeri Kelas IV Gugus Larasati Kota Semarang. Tujuan umum penelitian adalah untuk memberikan gambaran tentang persepsi siswa sekolah dasar terhadap kemampuan profesional guru pada pembelajaran PKn. Secara khusus penelitian menganalisis persepsi siswa Kelas IV terhadap kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PKn Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Lokasi penelitian di SDN Gugus Larasati Kota Semarang. Populasi penelitian sejumlah 132 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik sampel proporsi diperoleh 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data awal menggunakan uji normalitas dan linieritas. Analisis data akhir menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata 75 % dan frekuensi persentase 61% dengan kriteria tinggi artinya siswa memiliki persepsi bahwa kompetensi pedagogik dari guru mereka tergolong dalam kategori baik. Artinya siswa beranggapan bahwa guru selalu melaksanakan deskriptor dalam indikator merencanakan proses belajar mengajar, indikator melaksanakan dan memimpin/mengelola proses belajar mengajar, dan menilai kemajuan proses belajar mengajar pada pembelajaran PKn kelas IV. Kesimpulan penelitian adalah persepsi siswa terhadap profesional guru dalam pembelajaran PKn Kelas IV Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tergolong kategori tinggi. Saran yang diberikan adalah setiap guru diharapkan dapat senantiasa mengembangkan dan meningkatkan profesional guru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, profesional guru, PKn
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 18 Jan 2018 11:43
    Last Modified: 18 Jan 2018 11:43

    Actions (login required)

    View Item