PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS dr. CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI

TRI PUJI ANJARANI , 1401412212 (2016) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS dr. CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Disiplin merupakan karakter yang mengajarkan tentang kontrol diri apabila seseorang memiliki kontrol diri yang kurang baik maka akan susah untuk mendapat kesuksesan. Berdasarkan pra penelitian di SDN dr. Cipto Mangunkusumo ditemukan perilaku siswa banyak yang mencerminkan disiplin belajar yang rendah serta ditemukan nilai hasil belajar IPS yang rendah. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan permasalahan yaitu apakah ada pengaruh antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo dan berapa besar pengaruhnya. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V; (2) Mengetahui sebarapakah pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Lokasi penelitian di SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati. Populasi penelitian ini adalah 232 siswa kelas V SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Pengambilan sampel dengan sampel proporsi atau proportional sampling diperoleh 70 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, angket. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan linieritas. Sedangkan analisis data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis statistik deskriptif diperoleh: (a) Disiplin Belajar dalam kategori cukup mencapai jumlah paling banyak yaitu 37 orang atau sebesar 52,9%, kategori baik 18 orang atau 25,7%, kategori kurang 11 orang atau 15,7%, dan kategori sangat baik 4 orang atau 5,7%.; (b) hasil belajar IPS kategori sangat baik mencapai jumlah yang paling banyak yaitu 23 orang atau sebesar 32,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa; (2) besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 53,8% dan 46,2% merupakan faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Sehingga disarankan dari semua pihak dapat memperhatikan bahwa penanaman disiplin itu penting dan mengembangkan cara menanamkan disiplin belajar yang baik. .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 10:31
Last Modified: 18 Jan 2018 10:31

Actions (login required)

View Item