KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SD GUGUS DEWI SARTIKA SEMARANG

Dessi Alif Milati , 1401412192 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SD GUGUS DEWI SARTIKA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (342Kb)

    Abstract

    Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang memenuhi tujuan pendidikan dasar. Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diberikan kepada semua peserta didik mulai sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir kritis, rasional dan kreatif dalam menangani isu-isu kewarganegaraan. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SD Gugus Dewi Sartika Semarang ditemukan permasalahan yaitu pada pembelajaran PKn, guru masih menggunakan metode ceramah dan diskusi yang cenderung berpusat pada guru, sehingga hasil belajar siswa PKn siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model Mind Mapping dan aktivitas siswa di Kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Semarang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Semarang tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 33 siswa kelas kontrol dan 35 kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Mind Mapping efektif digunakan dalam pembelajaran PKn materi Globalisasi dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata melalui uji t dengan taraf signifikansi 5% (0,05) diperoleh thitung sebesar 4,528 lebih besar dibandingkan dengan harga t-tabel yaitu sebesar 2,020 (4,528 > 2,020) dengan signifikansi (0,000 < 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Ha diterima berarti ada perbedaan posttest antara kelas eksperimen dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,57 dengan kriteria sedang. Aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan presentase 73,95% da v gan 65,48%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PKn materi Globalisasi pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Semarang dan juga dapat meningkatkan aktifitas siswa. Saran pada peneliti selanjutnya dapat menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran PKn karena model Mind Mappingmembantu siswa untuklebih mudahmengingat informasi dan bisa diandalkan daripada menggunakan teknik mencatat biasa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keefektifan, model pembelajaran mind mapping,dan hasil belajar pkn
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 18 Jan 2018 09:57
    Last Modified: 18 Jan 2018 09:57

    Actions (login required)

    View Item